Oleh Hafidz Rachmad (23040674090), Aisha Adriyanti (23040674091), Juwita Nur Fadila (23040674092), Farrah Luthfi Annisa (23040674093) , Universitas Negeri Surabaya , Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik , S1 Ilmu Administrasi Negara
Tri Rismaharini, yang biasa disapa Risma merupakan salah satu Wali Kota di Kota Surabaya. Kepemimpinan Risma dalam mengelola Kota Surabaya kerap dijadikan contoh bagaimana kepemimpinan yang efektif mampu membawa perubahan besar dalam pelayanan publik. Sejak
menjabat sebagai Walikota Surabaya pada tahun 2010, Risma telah menunjukkan komitmen yang kuat dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik, memperkuat infrastruktur, dan menciptakan pemerintahan yang transparan dan akuntabel. Dalam esai ini, mengkaji tentang berbagai aspek kepemimpinan Risma yang berkontribusi terhadap peningkatan pelayanan publik di Surabaya. Fokusnya adalah pada kebijakan inovatif yang diterapkan oleh Risma, pendekatan partisipatif dalam pengambilan keputusan, tantangan dan cara mengatasinya. Selain itu, esai ini mengkaji dampak kepemimpinan Risma terhadap masyarakat Surabaya,
termasuk peningkatan kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur perkotaan. Dalam konteks pelayanan publik, kepemimpinan harus mampu mempengaruhi perilaku anggota organisasi dan memotivasi mereka untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam hal ini kepemimpinan yang efektif dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik dan meningkatkan kepuasan masyarakat.
Walikota Tri Rismaharini menunjukkan keterampilan kepemimpinan pelayanan publik yang efektif di Surabaya. Selama bertahun-tahun, ia telah memperkenalkan berbagai inovasi dan
strategi yang meningkatkan kualitas layanan dan meningkatkan kepuasan masyarakat.