Pembelajaran anak usia dini dapat dikelompokkan menjadi tiga pendekatan, yaitu:
- 1. pembelajaran bebas, 2. pembelajaran terpimpin dan 3. pembelajaran kondusif.
- Pengertian pembelajaran bebas
- Pembelajaran bebas merupakan suatu strategi pembelajaran yang memberikan kesempatan yang seluas-luasnya untuk mendapatkan pengalaman belajar yang bermakna kepada anak.
- Ciri-ciri pembelajaran bebas
- -kegiatan pembelajaran berpusat pada anak.
- -memberikan pengalaman langsung pada anak.
- -strategi pembelajaran kurang terstruktur, bersifat fleksibel.
- -kebebasan bermain tidak dibatasi
- -hasil pembelajaran dapat berkembang sesuai dengan minat dan kebutuhan anak.
- Pengertian Pembelajaran Terpimpin
- Pembelajaran terpimpin merupakan strategi sepenuhnya dikendalikan guru.
- Ciri-ciri pembelajaran terpimpin
- -berpusat pada perilaku mengajar guru.
- -kreativitas anak kurang berkembang
- -menyajikan konsep dan berbagai materi dalam suatu proses pembelajaran untuk dikuasai anak.
- -menekankan disiplin, keteraturan prosedur, dan menghargai senioritas.
- -hasil belajar ditentukan oleh kegiatan-kegiatan guru dalam mengajar.
- Pengertian Pembelajaran Kondusif (Supportive Climate)
- Pembelajaran kondusif merupakan kombinasi antara suasana pembelajaran bebas dengan suasana pembelajaran terpimpin.
- Ciri-ciri pembelajara kondusif
- -pengalaman dan kegiatan belajar relevan dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan anak.
- -menyenangkan karena tidak bertolak dengan minat dan kebutuhan anak.
- - hasil belajar akan bertahan lebih lama karena lebih berkesan dan bermakna.
- -mengembangkan keterampilan berpikir  anak dengan permasalahan yang dihadapi.
- -menumbuhkan keterampilan sosial dalam bekerja sama, toleransi, komunikasi, dan tanggap terhadap gagasan orang lain.
KEMBALI KE ARTIKEL