Mohon tunggu...
KOMENTAR
Humaniora

Jenis Pendekatan Pembelajaran Pada Anak

5 Desember 2016   22:02 Diperbarui: 5 Desember 2016   22:14 1043 0
Pembelajaran anak usia dini dapat dikelompokkan menjadi tiga pendekatan, yaitu:

  • 1. pembelajaran bebas, 2. pembelajaran terpimpin dan 3. pembelajaran kondusif.
  • Pengertian pembelajaran bebas
  • Pembelajaran bebas merupakan suatu strategi pembelajaran yang memberikan kesempatan yang seluas-luasnya untuk mendapatkan pengalaman belajar yang bermakna kepada anak.
  • Ciri-ciri pembelajaran bebas
  • -kegiatan pembelajaran berpusat pada anak.
  • -memberikan pengalaman langsung pada anak.
  • -strategi pembelajaran kurang terstruktur, bersifat fleksibel.
  • -kebebasan bermain tidak dibatasi
  • -hasil pembelajaran dapat berkembang sesuai dengan minat dan kebutuhan anak.
  • Pengertian Pembelajaran Terpimpin
  • Pembelajaran terpimpin merupakan strategi sepenuhnya dikendalikan guru.
  • Ciri-ciri pembelajaran terpimpin
  • -berpusat pada perilaku mengajar guru.
  • -kreativitas anak kurang berkembang
  • -menyajikan konsep dan berbagai materi dalam suatu proses pembelajaran untuk dikuasai anak.
  • -menekankan disiplin, keteraturan prosedur, dan menghargai senioritas.
  • -hasil belajar ditentukan oleh kegiatan-kegiatan guru dalam mengajar.
  • Pengertian Pembelajaran Kondusif (Supportive Climate)
  • Pembelajaran kondusif merupakan kombinasi antara suasana pembelajaran bebas dengan suasana pembelajaran terpimpin.
  • Ciri-ciri pembelajara kondusif
  • -pengalaman dan kegiatan belajar relevan dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan anak.
  • -menyenangkan karena tidak bertolak dengan minat dan kebutuhan anak.
  • - hasil belajar akan bertahan lebih lama karena lebih berkesan dan bermakna.
  • -mengembangkan keterampilan berpikir  anak dengan permasalahan yang dihadapi.
  • -menumbuhkan keterampilan sosial dalam bekerja sama, toleransi, komunikasi, dan tanggap terhadap gagasan orang lain.
KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun