Dinamika politik elektoral baik itu selama hingga setelah berlangsungnya Pemilihan Umum Presiden Indonesia 2024 sangatlah beragam. Terutama dalam hal bagaimana melihat para calon menyampaikan pesan kampanyenya ke para calon voters  atau pemilihnya dalam upaya untuk mendapatkan suara. Hal ini biasanya disebut dengan pemasaran politik. Pemilu pada tahun 2024 yang diikuti oleh tiga bakal calon presiden dan wakil presiden yaitu pasangan nomor urut 01 yaitu Anies Baswedan -- Muhaimin Iskandar, pasangan nomor urut 02 yaitu Prabowo Subianto -- Gibran Rakabuming Raka, dan pasangan nomor urut 03 yaitu Ganjar Pranowo -- Mahfud MD telah banyak menyajikan beragam variasi mengenai metode kampanye dari tiap-tiap paslon. Dalam hal ini juga hal lain yang perlu diperhatikan selain metode kampanye adalah bagaimana pola komunikasi yang dibangun dari tiap pasangan calon untuk mampu menyampaikan pesan kampanyenya kepada para calon pendukung yang ingin mereka capai targetnya.
KEMBALI KE ARTIKEL