Dalam era globalisasi saat ini, terjadi persaingan ketat baik di pasar dalam negeri maupun pasar internasional. Agar suatu bisnis dapat tumbuh berkembang, maka harus menghasilkan suatu barang atau jasa yang lebih berkualitas dengan harga yang relatif rendah, berpromosi secara lebih efektif, pengiriman barang ke konsumen lebih cepat dan layanan lebih baik daripada pesaing bisnis lainnya. Kondisi tersebut berarti perusahaan yang akan memenangkan persaingan dalam segmen pasar ya telah dipilih haris meningkatkan mutu bukan hanya dari suatu produk akan tetapi mutu ditinjau dari segala aspek seperti mutu bahan mentah dari pemasok harus bagus, mutu SDM yang mampu bekerja secara efektif untuk membuat produk lebih murah dari harga pesaing, promosi yang efektif (berkualitas), untuk menarik pembeli sehingga meningkatkan jumlah pembeli. Kualitas kemampuan distributor untuk mengirimkan produk dalam jangka waktu yang diinginkan pembeli, serta kualitas karyawan yang mampu melayani pembeli dengan memuaskan. Inilah yang dimaksud dengan mutu terpadu secara umum (total kualitas).
KEMBALI KE ARTIKEL