Dalam Pembelajaran di Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka terdapat fokus pembelajaran pada pemberdayaan keluarga dhuafa yaitu mata kuliah Kemuhammadiyahan. Ini dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran yang memadukan penguasaan teoritis dengan contoh kehidupan nyata dalam pengimplentasian teologi al-maun. Pengimplentasian mata kuliah kemuhammadiyahan berfokus pada pemberdayaan keluarga dhuafa ini sendiri dilakukan dengan membangun kesadaran tentang pentingnya membantu dhuafa dan musthad’afin kepada mahasiswa. Dalam menjalankan misi dakwah Muhammadiyah sebagai organsiasi social yang dikenal dengan  teologi  Al-Ma’un, diperlukan pendekatan  pembelajaran yang  menggembirakan dan mencerdaskan melalui praktik nyata sehingga dapat menumbuhkan nilai kesalehan social Masyarakat. Adapun pendekatan yang digunakan dalam pengabdian adalah pendidikan partisipatif melalaui kegiatan sosialisasi, pendampingan pembuatan program dan kegiatan, serta melaksanakan makna Al-Maun yang sebenar-benarnya dengan  aksi  nyata.  Kesimpulan dari kegiatan pengabdian yakni: (1) terimplementasikannya pemahaman surah Al Ma’un dalam bentuk aksi nyata, (2)terinstitusionalisasikannya aksi social, (3) menghadirkan  nilai-nilai AlIslam dan Kemuhammadiyahan  dalam  ranah  kognitif,  psikomotik,  afektif  dan independent criticalthinking, (4)media dakwah institusi dan Persyarikatan, (5) kesadaran Â
filantrop berkelanjutan.
KEMBALI KE ARTIKEL