Yang dibahas di atas, kita membicarakannya pada skala perusahaan. Bagaimana jika dalam ruang lingkup dunia pendidikan. ini akan menjadi lebih penting lagi. Mungkin dalam dunia pendidikan kita, istilah knowledge management belum terlalu familiar. Karena sekolah sendiri berfokus pada pemberian dan pelaksanaan pendidikan itu sendiri. jika saja knpwledge management ini diterapkan dengan baik di lembaga suatu pendidikan. mungkin pendidikan kita saat ini akan selalu mapan dan terus merangkak naik kurva kualitasnya. knowledge management di lembaga pendidikan, tidak saja hanya berpusat pada pusat sumber belajar siswa saja, namun juga pusat sumber belajar untuk para karyawan dan guru. ini penting dan perlu disadari, karena terkadang guru dan karyawannya pun sering dilupakan.
knowledge management atau pengelolaan pengetahuan pada hakikatnya bisa juga kita mempraktekannya untuk diri pribadi. sejatinya, ilmu-ilmu yang kita pelajari semenjak kecil hingga dewasa atau mungkin sampe tua itu perlu ditransfer kepada anak-cucu nanti. karena sejatinya ilmu itu berputar secara kontinue, tidak berhenti pada satu orang, dan itu akan terus berkembang dan menghasilkan karya-karya yang semakin banyak.
mungkin juga, anak cucu kita akan mempelajari ilmu yang sama dengan ayahnya atau mungkin kakeknya. namun, jika ilmu dari ayahnya atau kakeknya tidak dikelola secara baik, mungkin ilmu tersebut akan hilang dari peredaran. oleh karena itu, menjaga ilmu/pengetahuan yang telah kita dapatkan dengan mempraktekan teori knowledge management ini lah akan selalu lestari dan ada. mungkin sekarang belum bisa merasakan kemanfaatannya secara langsung, namun 20 atau 30 tahun mendatang, pengetahuan-pengetahuan yang kita miliki pasti akan berguna dan patut dilestarikan baik untuk kalangan pribadi maupun umum.
-MIM-