Mohon tunggu...
KOMENTAR
Sosbud

Upaya Pertamina AFT Husein Sastranegara Pacu Pengembangan UMKM di Era Digital

10 Juli 2024   11:07 Diperbarui: 10 Juli 2024   11:09 260 0
Sudah menjadi rahasia umum bahwa pemasaran secara online merupakan strategi bisnis yang penting bagi para pelaku usaha. Bagaimana tidak, kini setiap pelaku usaha berlomba-lomba memasarkan produknya melalui e-commerce, tak terkecuali para pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah).

Sebetulnya pemasaran online adalah peluang untuk memperluas pasar. Penjualan secara online sangat memungkinkan produk UMKM dikenal lebih luas bahkan menembus pasar antar kota, pulau, hingga mancanegara.

Meski begitu, sebuah peluang harus disikapi dengan kesiapan. Lalu, mampukah UMKM memaksimalkan peluang tersebut? Sementara keterbatasan sumber daya, modal, pengetahuan dan keterampilan tak jarang menjadi alasan utama pelaku UMKM kesulitan bersaing di era digital.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun