Sosial media specialist – adalah suatu bentuk pekerjaan baru yang muncul sebagai imbas dari era digital. Prinsipnya, pekerjaan ini adalah bagian dari marketing dan bisa juga public relation.
Pekerjaan ini terutama mengandalkan facebook dan twitter untuk pemasaran. Tentu banyak sekali pengguna facebook dan twitter, namun tidak semua pengguna tersebut memenuhi syarat untuk menjadi seorang Sosial Media Spesialist. Hal-hal yang menjadi pertimbangan diantarannya keterampilan, pengalaman, tanggungjawab, dan tentu juga gaji. J
Semakin banyak bisnis yang menggunakan jejaring sosial facebook, twitter, linkedIn, dan lainnya, maka semakin banyak juga lowongan terbuka bagi seorang media sosial specialist.
Media sosial specialist tugasnya sebagai manajer / agen pemasaran suatu produk / jasa di perusahaan melalui media sosial. Juga, mereka harus memahami tujuan pasar perusahaan, target dan memenuhi target tersebut. Mereka bertanggungjawab untuk menghasilkan, mempertahankan dan meningkatkan partisipasi pengikut (follower) melaui facebook, twitter dan jejaring lainnya. Mereka juga harus aktif meng-update iklan perusahaan, dan hal-hal lain perusahaan yang berkenaan dengan “penarikan minat” konsumen. Mereka juga bertugas membuat data statistik efektivitas promosi dalam jejaring sosial / situs perusahaan, dan meningkatkan brand image.
Kecenderungan media sosial specialist adalah dalam bidang pemasaran, namun bekerja sama dengan unit-unit lain.
Tak pelak lagi, seorang media sosial specialist harus memiliki kemampuan menggunakan facebook dan twitter – lebih dari itu, mereka harus memiliki kemampuan menggunakan platform media / jejaring sosial lainnya.
Hal penting lainnya, calon seorang media sosial specialist memahami demografi kepentingan perusahaan dalam rangka menargetkan posting yang tepat, memiliki kemampuan mengedit dan juga penggunaan perangkat-perangkat lunak yang menunjuang tampilan, seperti photoshop dan lainnya.
Keterampilan yang paling diperlukan juga, adalah kemampuan menganalisa data. Mereka perlu - tidak hanya untuk mengetahui bagaimana cara berpromosi - mentargetkan segmen pasar, meninjau kegemaran pasar, kebiasaan calon konsumen, dan lain-lain, kemuadian memvisualisasikan data tersebut dalam sebuah bentuk promosi yang akan dituangkan ke dalam situs perusahaan dan disosialisasikan melalui jejaring sosial.
Masalah gaji?
Berikut didapat dari googling. :)
CMIIW, yaa.. :)