Tujuan pengajaran musik di SD harus sesuai dengan unsur-unsur musik yang esensial seperti irama, melodi, harmoni, bentuk atau struktur lagu dan ekspresi. Guru harus dapat memilih dan merencanakan kemampuan dan materi yang akan diajarkan, yang hasilnya langsung dapat diamati.
Obyek pembelajaran musik di SD adalah murid SD, mereka datang dari lingkungan yang berbeda-beda. Yang datang dari lingkungan yang sering mendengarkan musik akan mempercepat rasa musik anak.
Guru yang mengajarkan pembelajaran musik di SD harus memahami komponen proses belajar mengajar serta hubungan keterkaitannya dalam pengajaran. Guru juga harus memenuhi kompetensi dalam mengajarkan musik seperti keterampilan memainkan alat musik, keterampilan bernyanyi, kemampuan menjajaki tingkat keterampilan pengetahuan dan tingkat kematangan murid dalam bermusik. Guru juga harus dapat menyesuaikan pembelajaran sesuai dengan tingkat kemampuan murid dalam bermusik sehingga murid dapat menerimanya.
Dalam pembelajaran musik di SD juga harus didukung dengan sarana dan prasarana musik yang memadai, sehingga pembelajaran musik dapat berjalan yang dengan baik dan lancar. Sebagai contoh dalam membahas unsur melodi hendaknya dapat disediakan alat musik melodi pianika, harmonika,recorder, atau yang lainnya, untuk mengukur tinggi nada disediakan juga garpu tala dan puput tala.
Metode pengajaran musik harus disesuaikan dengan tingkat urutanm kegiatan bermusik. Metode yang digunakan seorrang guru akan sangat tergantung pada pandangannya tentang sifat dan hakikat musik itu sendiri.