Lalu mengapa penyakit curang dalam ujian ini tidak kunjung sembuh? Jauh sebelum USBN ditetapkan, terdapat istilah Ujian Nasional (UN) yang  pertama kali diberlakukan pada tahun 2003. Momen evaluasi ini kontan menjadi momok menakutkan bagi siswa, guru, sekolah, dan orangtua. Bahkan beberapa tahun ke belakang terdapat aksi ekstrim bunuh diri akibat depresi karena tidak lulus UN padahal biasanya selalu langganan rangking kelas atau pernah menang kejuaraan taraf nasional dan internasional. Ujian ini seakan menjadi hakim bagi keberlangsungan masa depan siswa yang ditentukan dari penguasaan beberapa mata pelajaran saja.
Untungnya kebijakan UN sebagai penentu kelulusan berubah, Â yang katanya seiring dengan pergantian Meteri Pendidikan. UN kemudian lebih berfungsi sebagai pemetaan mutu saja. Namun baru sedikit bernapas lega, muncullah USBN yang belakangan menjadi primadona yang sayangnya lebih banyak dikeluhkan. Semua pihak menjadi khawatir karena terlalu banyak rentetan ujian yang harus dilewati supaya bisa menyelesaikan sekolah. Rasanya sangat kontradiktif dengan hakikat pendidikan yang dari awal bertujuan untuk mengubah perilaku menjadi lebih baik malah memunculkan yang sebaliknya.
Alih-alih menjadikan lulus sebagai tujuan utama, menjalani proses dengan kerja keras dan jujur seharusnya adalah prinsip dasar ujian. Ketika mayoritas mengatakan, "Pokoknya kamu harus dapat nilai tinggi,ya! Makanya belajar, jangan main game dulu!", hanya segelintir yang berkata, "This exam is important but it's not everything. Ibu bangga kamu sudah bekerja keras. Yang penting ujiannya fokus dan jujur". Pada akhirnya  manakah yang akan lebih bermakna?
Ketimbang objek ujiannya, penanaman mindset dan karakter positif jauh lebih esensial. Ujian bukan lagi hanya alat untuk mengukur pencapaian, tetapi sebuah media untuk melatih disiplin, kerja keras, jujur, pantang menyerah, semangat berprestasi, dan cinta ilmu pengetahuan. Penuturan kalimat motivasi yang bersifat non paksaan atau ekspektasi berlebihan lebih efektif mendorong siswa agar mampu mengoptimalisasikan kemampuannya. Di samping itu, kesehatan dan stabilitas emosionalpun seharusnya menjadi prioritas. Orangtua dan sekolah perlu untuk mengamati dan memberikan perhatian khusus agar siswa bisa menjalani ujian dengan nyaman.