Teknologi Informasi dan Komunikasi terus berkembang, menciptakan ragam platform sosial baru seperti TikTok. Tahun 2020 menjadi popularitas yang melonjak bagi TikTok, dengan pertumbuhannya yang luar biasa cepat. Menurut laporan Sensor Tower pada bulan Agustus 2020 dalam (Pertiwi, 2020), Indonesia menjadi kontributor terbesar dengan 11% dari total pengguna TikTok di seluruh dunia. Hal ini menunjukkan bahwa platformnya menawarkan pengalaman yang interaktif dan menyenangkan bagi penggunanya. Pengguna khususnya Generasi Z, tumbuh di zaman yang mana semua sudah serba canggih dan pintar sehingga TikTok sendiri merupakan salah satu Aplikasi atau Media Sosial yang mampu masuk ke dalam peluang sesuai dengan karakteristik Generasi Z.
Dalam tiktok terdapat algoritma yang canggih, dimana dapat menampilkan konten yang disesuaikan dengan selera pengguna, serta kemudahan berbagi konten yang menjadikan diminati oleh mayoritas orang di seluruh dunia. Selain itu, kemampuan yang mudah dalam berkolaborasi dengan orang lain juga menjadi faktor penting dalam pertumbuhan pesat platform TikTok ini. Fenomena ini mengubah para kebiasan para pengguna internet, yang lebih tertarik melihat informasi berbentuk konten yang interaktif dan dapat berkomunikasi dengan pengguna TikTok lainnya, sementara pencarian informasi di Mesin Pencari Google yang mayoritas bersifat teks.
KEMBALI KE ARTIKEL