Halo teman"! Â Saat ini saya akan memberikan sedikit informasi tentang mata kuliah TIK yang telah saya pelajari ada banyak hal yang unik dari pembelajaran tik karena bisa memudahkan kami mahasiswa untuk mempelajari dan mengenal perangkat komputer.
Ada beberapa hal yang dapat dipelajari dari TIK yaitu:
- Short Key
Ctrl + A : Â dapat memblok seluruh teks
Ctrl + B : bisa menebalkan huruf/kalimat
Ctrl + C : bisa mengkopi teks
Ctrl + D : bisa dengan cepat membuka menu kotak dialog font
Ctrl + E : teks akan menjadi rata tengah
Ctrl + F : Membuka menu find and replace pada tab find
Ctrl + G : find and replace pada tab go to akan terbuka
Ctrl + H : find and replace pada tab replace akan terbuka
Ctrl + I : teks akan berubah miring
Ctrl + J : meratakan teks kanan dan kiri
Ctrl + K : kotak dialog Insert Hyperlink akan terbuka
Ctrl + L : ratakan teks bagian kiri
Ctrl + M : dapat menggeser First Line Indent dan Left Tab pada mistar dokumen dengan cepat
Ctrl + N Â : dapat membuat dokumen baru
Ctrl + O : kotak dialog open akan terbuka
Ctrl + P : jika ingin langsung print
Ctrl + Q : nomor urut akan hilang
Ctrl + R : teks akan rata di kanan
Ctrl + S : dokumen akan langsung otomatis tersimpan
Ctrl + T : bisa menggeser left tab pada mistar dokumen
Ctrl + U : huruf/kalimat akan digaris bawahi
Ctrl + V : teks sebelumnya yang di copy akan muncul
Ctrl + W : otomatis akan menyimpan dan langsung menutup Ms.Office
Ctrl + X : potong
Ctrl + Y : mengembalikan
Ctrl + Z : Membatalkan
Shift F3 memperbesar atau memperkecil huruf
Short key ini dapat membantu kita lebih mempermudah dalam melakukan berbagai tugas dengan menggunakan laptop atau komputer. Karena menggunakan shortkey ini seringkali lebih cepat daripada menggunakan mouse karena posisi tangan disaat mengetik akan tetap pada keyboard.
- Merge and center excel
Pertama tabel akan terdiri dari kolom nomor, nama siswa, daftar nilai, dan mata pelajaran.
Kemudian kita buat tabel dengan mengosongkan tabel di kolom A1 sampai Kolom G1,
Fyi : jika anda akan menyatukan kedua kolom bisa blok kedua kolom dan tindis mergeand center yang ada di home.
lalu lanjut pada kolom A3 sudah boleh masukkan nomor sesuai dengan jumlah siswa misalnya contoh :
ada 10 siswa jadi dari A3 sampai di A12 bisa di taruh nomor urut 1-12 nah setelah itu,
Nama siswa taruh di kolom B3, kemudian sudah bisa masukan nilai di kolom C3 contoh mata pelajaran B.Indo, selanjutnya nilai pjok ada di kolom D3,nilai agama di kolom E3, nilai IPS ada di kolom F3, nilai Pancasila ada di kolom G3.
Setelah itu lanjut mengisi nilai di bawah kolom sesuai dengan mata pelajaran yang sudah di ketik dari C3 sampai G3.
Selanjutnya setelah sudah mengisi nomor, nama siswa dan nilai sesuai dengan mata pelajaran, kemudian di bawah nomor dan nama contohnya di A13 jumlah, A14 minimum,A15 maximal, A16 Rata-rata
Ada beberapa contoh rumus untuk menghitung nilai :
Jumlah : =Sum(C3:C12)
Minimum : =Min(C3:C12)
Maximal : = Max (C3:C12)
Rata-rata : =Average(C3:C12)
 Nah rumus di atas bisa dipakai untuk menghitung semua nilai contoh di nilai B.indo dari C3-C12 seterusnya sampai di Kolom G sampai di akhir rata-rata =average(C3:C12).
- Cara menggabungkan Excel dan Word
Setelah kita sudah selesai membuat daftar nilai di excel save data tersebut di dokumen yang anda inginkan.
Lanjut buka word dan buat 4 kolom dalam 1 tabel dengan 7 baris
Contohnya :
Tabel pertama di baris pertama dengan No urut, kedua dengan Nama Pelajaran, Nilai, dan rata- rata
Selanjutnya di nama Pelajaran isilah mata Pelajaran sesuai dengan Pelajaran yang sudah di ketik di excel sebelumnya.
Setelah sudah lengkap yang diketik di tabel akhir tabel ada jumlah, setelah itu di word pergi di mailings, lanjut ke select recipients, selanjutnya arahkan ke use an existing list, setelah itu akan terarahkan ke folder yang berisi data dan cari data excel yaitu daftar nilai yang sudah di save tadi tekan maka di word bagian mailings akan muncul format-format yang sebelumnya tidak bisa di buka.
Lalu arahkan ke insert merge field, selanjutnya langsung klik di preview results maka di tabel nilai akan otomatis muncul F1, F2 dan seterusnya..
selanjutnya klik nomor yang ada di atas format find recipient maka jumlah  nilai dari excel akan muncul di tabel daftar nilai di word.
Demikian informasi yang dapat saya berikan jika ada kesalahan mohon dimaafkan.
terimakasih teman-teman!
salam hangat vany~