Indonesia dan Jepang memiliki hubungan yang erat dalam berbagai aspek, termasuk ekonomi dan budaya. Sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, Indonesia memainkan peran penting dalam mempromosikan produk dan layanan halal. Salah satu inisiatif terbaru yang mendapat perhatian besar terkait hal ini adalah peluncuran Halal International Trust Organization (HITO). Diselenggarakan oleh Menag pada tanggal 29 September 2024, program ini bertujuan untuk memperkuat akses ke layanan halal di Jepang. Dengan diluncurkannya HITO, diharapkan perspektif untuk memperkuat pemahaman dan penerimaan layanan halal di Jepang menjadi lebih menjanjikan dan terbuka. Dalam beberapa tahun terakhir, Jepang merupakan salah satu negara yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan Muslim. Berdasarkan data dari Japan Tourism Statistic, pada bulan Januari sampai Agustus 2024 warga Indonesia yang berkunjung ke Jepang mencapai 315.500 ribu dengan mayoritas Muslim. Seperti yang dapat dilihat dari data tersebut, dari Januari hingga Agustus 2024, ada kecenderungan peningkatan wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Jepang. Â
KEMBALI KE ARTIKEL