Mohon tunggu...
KOMENTAR
Pendidikan

Iklan, Etika Periklanan, dan Kekerasan terhadap Anak

1 Juni 2014   21:36 Diperbarui: 23 Juni 2015   21:50 770 0

Menurut Liliweri (2011) iklan merupakan salah satu bentuk komunikasi yang bertujuan untuk mempersuasi para pendengar, pemirsa dan pembaca agar mereka memutuskan  untuk melakukan tindakan tertentu. Karena iklan membutuhkan ide dan strategi yang kreatif, banyak sekali pembuat iklan yang mengartikan kreatifitas dengan mengabaikan etika. Di Indonesia, dunia periklanan memiliki sebuah dasar etika yang ada, etika tersebut tertuang dalam Etika Pariwara Indonesia (EPI). Tuntutan iklan yang semakin kreatif, membuat etika sering sekali dilanggar oleh para pembuat iklan. Salah satu etika yang sering dilanggar dalam EPI adalah kekerasan. Isu kekerasan dalam  EPI menyebutkan Iklan tidak boleh – langsung maupun tidak langsung – menampilkan  adegan kekerasan yang merangsang atau memberi kesan  membenarkan terjadinya tindakan kekerasan.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun