Mohon tunggu...
KOMENTAR
Money

Menggunakan Facebook sebagai Alat Marketing Segmented dan Targeted

6 Desember 2012   15:53 Diperbarui: 24 Juni 2015   20:05 289 0
Sudah lama tidak pernah menulis di blog kompasiana ini, tetapi saya ingin mencoba bercerita tentang Facebook sebagai alat Marketing yang Segmented. Sekarang, karena saya masih punya sedikit tenaga, dan jari jemari saya belum mati rasa, saya akan bercerita sedikit dahulu mengenai SEGMENTASI.  Apasih segementasi tu, Menurut akal saya, arti dari segmentasi adalah pengelompokan. Sesuatu yang segmented adalah yang terkelompok. Lalu bagaimana menggunakan Facebook sebagai Alat Marketing yang SEGMENTED? Ya, menurut saya cukup menggairahkan walaupun memang saat ini Facebook sudah mulai turun pamor, saya kutip dari majalan Marketing diperkirakan turun sekitar 3%. Tetapi apakah masih bisa tersegmen? Tentu harusnya bisa. Pola yang harus kita lakukan adalah dengan mencari KELOMPOK 2 yang sudah tersaji oleh database dari facebook itu sendiri. Ketika kita bisa menemukan SEGMENT tersebut tentu hal kedua pasti TARGETED atau tepat sasaran. Bagaimana cara menggunakannya? Menurut Pengalaman saya ada 2 cara yang bisa kita lakukan :

  1. Menggunakan Search Engine Facebook sebenarnya hampir sama dengan Google, hanya saja, kita memanfaat Mesin Pencari di Facebook dengan cara mengetikkan Kopi Pasutri tanpa menggunakan Facebook didepan keyword, kemudian facebook akan menyajikan data-data yang berhubungan dengan Kopi pasutri, baik itu Akun FB Sendiri, Grup, Note, FanPage. Hal ini sudah tersegmen, kemdian kita masuk menjadikan orang-orang yang ada dalam segment tersebut menjadi teman kita, tentu akan lebih efektif dan efisien melakukan marketing terhadap minat yang sama dalam hal ini minat untuk mencari kopi untuk stamina.
KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun