Di tengah pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, sering kali kami sebagai pendidik  menjumpai beberapa fenomena bergesernya adab bahkan terkadang terjebak pada pola pikir bahwa penguasaan ilmu adalah tujuan utama dalam pendidikan. Namun,sbenarnya ilmu yang tanpa disertai dengan adab juga bisa kehilangan esensi dan bahkan berpotensi disalahgunakan. dalam hal ini Adab, yang mencakup nilai-nilai etika, penghormatan, dan sikap rendah hati, adalah fondasi yang membuat ilmu lebih bermakna dan berfungsi sebagai alat kebaikan. Mengutamakan adab di atas ilmu berarti menanamkan nilai moral yang melandasi cara kita memperoleh, menyebarkan, dan memanfaatkan pengetahuan.
Dalam Islam dan berbagai tradisi budaya lainnya, adab ditempatkan sebagai inti dalam menuntut ilmu. Penghormatan terhadap guru, kesediaan untuk menerima masukan, serta kerendahan hati adalah bentuk-bentuk adab yang bukan hanya meningkatkan kualitas proses belajar, tetapi juga mendidik karakter yang luhur. Ketika ilmu diperoleh dengan adab yang baik, dampaknya tidak hanya terasa pada diri sendiri, tetapi juga bermanfaat bagi masyarakat luas, menciptakan individu yang bertanggung jawab dan berkontribusi positif pada lingkungannya.
KEMBALI KE ARTIKEL