Perusahaan multinasional atau yang biasa disebut MNC merupakan perusahaan yang beroperasi dalam lebih dari satu negara dan dalam waktu yang bersamaan (Britannica, 2024). Di Indonesia sendiri ada banyak sekali perusahaan multinasional seperti Indofoos, Microsoft, Google, Samsung, Adidas, Nestle, Unilever, Asus, dan banyak lagi. MNC sendiri memiliki beberapa tujuan seperti Market Seeker dengan mencari target pasar baru di negara lain, Cost Minimizer Seeker yakni dengan investasi untuk mendapatkan efisiensi biaya produksi, Raw Material untuk mendapatkan bahan baku, Risk Minimizer Seeker dengan tujuan menurunkan resiko penjualan, Fund Seeker dengan tujuan mendapatkan pendanaan dengan peminjaman dari bank, dan menguatkan struktur perusahaan (Maulida, 2022). Kehadiran MNC sendiri memiliki banyak dampak positif maupun negatif, tergantung bagaimana perusahaan itu mengelola bisnis mereka di negara lain. Berikut adalah dampak positif dan negatif atas beroperasinya MNC di Indonesia.
KEMBALI KE ARTIKEL