PEMBELAJARAN DARI KRISIS COVID-19 DI INDONESIA
Oleh:
Enrigo Matthew
Mendekati pergantian tahun ke 2020, dunia dikejutkan oleh munculnya krisis Covid-19. Indonesia menjadi salah satu negara yang mengalami kesulitan di berbagai sektor, termasuk sektor Pendidikan. Seiring dengan penyebaran virus yang cepat, pemerintah memutuskan untuk menutup sekolah demi melindungi keselamatan siswa, guru, dan masyarakat secara umum. Perubahan besar ini mendorong lembaga pendidikan untuk mengadopsi pembelajaran jarak jauh sebagai respons terhadap situasi yang tidak terduga ini. Pandemi ini tidak hanya mengakibatkan perubahan strategi, tetapi juga menjadi pendorong perubahan paradigma dalam Pendidikan (Nyoman, 2023). Penutupan sekolah dan pembatasan fisik telah memaksa lembaga-lembaga pendidikan untuk mengevaluasi dan menyegarkan cara mereka menyampaikan pembelajaran. Hal itu membuat lembaga-lembaga pendidikan merespons secara mendalam dengan meningkatkan penerapan pendidikan daring.