Pengembangan Kurikulum 2013 dilakukan karena adanya tantangan yang dihadapi, baik tantangan internal maupun eksternal. Tantangan internal terkait dengan kondisi pendidikan dengan tuntutan pendidikan yang mengacu pada 8 (delapan) Standar Nasional Pendidikan yang meliputi :
a. Standar Isi
b. Standar Proses
c. Standar Kompetensi Lulusan
d. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
e. Standar Sarana dan Prasarana
f. Standar Pengelolaan
g. Standar Pembiayaan dan
h. Standar Penilaian Pendidikan
Tantangan Eksternal yang dihadapi dunia pendidikan adalah tantangan masa depan, kompetensi yang diperlukan di masa depan, persepsi masyarakat, perkembangan pengetahuan dan pendidikan, serta berbagai fenomena negatif yg mengemuka. Arus globalisasi dan isu yang terkait dengan masalah lingkungan hidup, kemajuan teknologi dan informasi.
Di era globalisasi akan terjadi perubahan yang sangat cepat. Hubungan komunikasi, informasi, transformasi menjadikan satu sama lain menjadi dekat akibat dari revolusi industri dan hasil pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Tantangan eksternal lainnya berupa fenomena negatif yang mengemuka seperti masalah perklelahian, korupsi, narkoba, plagiarisme, kecurangan dalam ujian dan gejolak sosial masyarakat (social unrest).
Berangkat dari faktor internal dan eksteernal inilah peran guru bimbingan konseling sangat dibutuhkan peserta didik. Peran guru bimbingan dan konseling yang profesional menjadi tuntutan dunia pendidikan saat ini. Karena kompetensi masa depan menuntut peserta didik mempunyai :
- Kemampuan berkomunikasi
-Kemampuan berfikir jernih dan kritis
-Kemampuan mempertimbangakan segi moral suatu permasalahan
-Kemampuan menjadi warga negara yang bertanggung jawab
-Kemampuan mencoba untuk mengerti dan toleran terhadap pandangan yang berbeda
-Kemampuan hidup dalam masyarakat
-Memiliki kesiapan bekerja
-Memiliki rasa tanggungjawab terhadap lingkungan.
Semoga dengan peran serta guru bimbingan konseling yang profesioanl bisa menciptakan insan Indonesia yang cerdas komprehensif, yaitu cerdas spiritual dan cerdas sosial/emosional dalam ranah sikap, cerdas intelektual dalam ranah pengetahuan dan cerdas kinestetik dalam ranah ketrampilan.