PASAR
seperti yang kita tahu sendiri bahwa pasar merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli dalam melakukan transaksi jual beli barang dan jasa. selain itu, pengertian pasar juga merujuk pada sarana penjual mengenalkan dan mempromosikan barang dan jasa kepada pembeli. oleh karena itu, pasar merupakan tempat transaksi antara penjual yang mempromosikan barang dan jasa dengan pembeli sebagai konsumen dari barang dan jasa tersebut. fungsi utama dari pasar yakni sebagai sarana distribusi, pembentukan harga dan distribusi. Tujuan adanya pasar juga yaitu membantu memperlancar penjualan hasil produksi dan memudahkan memperoleh barang dan jasa yang dibutuhkan serta membantu menyediakan segala macam barang dan jasa, dan juga untuk memperlancar aliran ekonomi masyarakat.
selain itu, ada beberapa model pasar yang ada. berikut merupakan model pasar antara lain:
- pasar persaingan  sempurna : pasar yang diperuntukkan untuk persaingan yang berada di level besar. Dalam hal ini penjual sama-sama menjual barang sejenis dan tidak ada persaingan harga di dalamnya. Mekanisme harga ditentukan dengan tingkat permintaan dan penawaran. Contoh pasar persaingan sempurna yakni perusahaan beras
- Pasar Monopoli : jenis pasar ini berkebalikan dengan persaingan sempurna, dimana dalam pasar ini hanya satu penjual yang satu jenis barang tertentu. Hal tersebut dapat membuat perusahaan yang memiliki hak tersebut dapat mengatur harga dalam penjualan jenis barang maupun jasanya. Contohnya seperti PT PLN Persero
- Pasar Monopolistik: pasar ini berada di tengah-tengah monopoli dan persaingan sempurna. Pasar ini mengumpulkan banyak penjual yang menjual produk yang berbeda. Ciri pasar ini adalah tidak ada homogenitas antara produk dari setiap perusahaan serta kebebasan bagi perusahaan-perusahaan untuk masuk ke pasar. Contohnya yakni restoran cepat saji seperti KFC, McDonalds, Dll.
- Pasar Oligopoli : pasar ini didominasi oleh sejumlah perusahaan kecil yang bersaing. Masing-masing perusahaan memiliki kekuatan yang cukup besar untuk memengaruhi harga pasar. Bahkan perusahaan raksasa dapat memengaruhi 70-80 persen dari harga pasar. Contohnya yakni persaingan perusahaan smartphone.
- Pasar Monopsoni : Â pasar ini hanya memiliki satu penjual dan memiliki pembeli tunggal dengan pelaku usaha secara otomatis menguasai pasar komoditas. Contohnya yakni pasar sayuran di daerah terpencil
- Pasar Oligopsoni : pasar ini memiliki 2 atau lebih pembeli yang menguasai pasar dalam hal penerimaan barang. Cth: petani yang menjual hasil tani seperti cabai, tomat dan sayuran lainnya ke Kota.