Mohon tunggu...
KOMENTAR
Ilmu Sosbud

Marketing Komunikasi di MNC Animation

2 Agustus 2023   11:15 Diperbarui: 2 Agustus 2023   11:21 234 0
Pembahasan
MNC Animation adalah salah satu anak perusahaan dari MNC Group, yang berfokus untuk mengembangkan IP (Intelectual Property) menjadi produksi animasi dan bisnis IP terkait. Serial TV animasi KIKO dimulai dari seri komik yang diterbitkan di majalah Just for Kids.
MNC Animation ("MNCA") didirikan di Jakarta pada bulan November 2011. MNC Animation adalah salah satu perusahaan anak perusahaan MNC Group, yang berfokus untuk mengembangkan IP menjadi produksi animasi dan bisnis terkait lainnya. MNCA saat ini telah menyelesaikan beberapa seri animasi seperti "Entong" season 1 & 2 dan "KIKO" pra-musim. Investasi agresif MNC Group dalam perluasan bisnis animasi telah menghasilkan serial TV proyek internasional pertamanya yang disebut "KIKO" ke seluruh dunia. Saat ini serial animasi animasi anak-anak di TV free-to-air Indonesia, KIKO dengan cepat menarik banyak perhatian dari pasar internasional.  
Mnc animation berdiri dari tahun 2011 lebih terkenal dari produc nya si entong projec pertama mnc animation ketika itu entong 2011 cukup tren. Akhirnya mnc Animation berdiri dan produc pertama nya adalah animasi si entong. berjalannya waktu studio animation itu tidak menguntungkan makanya bisnisnya berubah di 2016 itu  menjadi bisnis ip (intelectual property) jadi semua karakter yang ada di mnc animation itu di patenkan .intelektual properti itu apa sih?, yaitu suatu produc yang dipatenkan namun tidak memiliki bentuk fisiknya, fungsinya ketika mereka meminta karakter atau judul karakter itu berarti harus membayar kepada pemilik produk. Jadi bisnisnya mnc animation sekarang udah berubah jadi bisnis ip (intelektual property), nah arahnya kemana nanti, contoh:  dilihat dari contoh karakter spongebob ada yang jual baju,item dll,hal itu merupakan income dari perusahaan yang memilikinya .
Mnc memproduksi animasi KIKO sendiri mulai dikenal diluar Jakarta dari 2018 yang mana  dari sisi promotion dll. Dijakarta sendiri kiko mulai terkenal pada tahun 2020,  sekarang perusahaan mnc mulai membrending lagi terkait periklanan untuk penjualan atau meningkatkan jumlah penonton Jadi pr dari markom(marketing komunikasi) pr nya sebenernya cukup panjang sampai sekarang tidak akan bisa berhenti karena alasanya adalah kalau kita sudah punya 1 produk ketika kita berhenti promosi awarness nya itu akan hilang dengan cepat.Mnc animation ini termasuk animasi lokal yang mana adalah satu animasi yg sangat tidak diapresiasi oleh orang indo sendiri. Kalau kita tidak melakukan brending setiap saat itu akan hilang hanya sekejab. pr marketing komunikasi itu banyak dan long time gaada stop apalagi sejak adanya covid kemarin, namun sekarang ini sudah mulai lagi mengikuti acara offline lagi untuk mempromosikan animasi yang lainnya yaitu titus.
Standart dari mnc animation adalah standard international jadi product product kita itu sudah dipelajari dari studio international.kalau ditanya software lainnya mnc meningkatkan software tingkat international yang mana dari kualitas sudah bisa disesuaikan atau untuk istilah pasarnya sudah bisa di adu dengan standar international.
Terkait produksi animasi yang ada di studio animation itu biaya yang diperlukan itu berasal dari iklan yang masuk dalam suatu program mnc, jadi misalnya ada tayangan di mnc atau rcti dan ditengah tengah nya biasanya lewat sebuah iklan produk itulah penghasilan yang mnc dapatkan yang mana uang dari hasil menayangkan iklan tersebut yang mana uang tersebut menjadi salah satu income untuk menghidupi studio. Bagaimana caranya?Ada 2 yaitu:
Periklan di dunia digital sama di sosial media kita bisa pasang iklan disana. Namun Sejak jaman covid dunia digital itu tidak seindah dulu cara promosinya apalagi untuk produk anak anak karena kalau kita ingin mempromosikan tayangan animasi di sosial media itu berbayar dan dibatasi yang mana umur yang ditarget minimal 31 tahun, kalau iklan offline itu promosi  yang paling murah( istilah kasarnya ) dan bisa mendapat audiennya lebih banyak dibanding dengan iklan digital atau sosial media, tapi kalau di mnc sendiri terpaksa melakukan semua tetap promosi memalui online dan offline, seperti mengambil atau menyelipkan iklan tayangan animasi  di sosial media seperti youtube dll, dan juga melakukan iklan secara offline.
Ketika melakukan promosi kita tidak bisa berasumsi kalau yang kamu tau orang juga tau karena itu  gaakan ada kelebihan dan cara promosi itu akan gagal, mesti dibalikkan ketika kamu mau mempromosikan sesuatu adalah kamu gatau apa apa, alasanya apa?  misal ketika jalan di suatu event kamu melihat both rapi orang melihat keren tapi ketika orang dateng orang gatau ini both apa  jualan apa? ngomongin apa? isinya apa? kita disini ngapain?,kalau keren Cuma look nya doang ketika orang berkata seperti itu orang berpikiran seperti itu artinya ada yang salah cara mempromosikannya contohnya ketika bikin booth promosi produk dan kamu pengen orang rame rame dateng ke booth ketika bikin boothnya bersih menurut kamu orang mau apa ngga mampir ke booth yang seperti itu?, kalau kamu bawa barang gratisan cari dan tulis free yang besar gratis tempel dimanapun segede orang bisa melihat. jadi tren orang indonesia berbeda dengan orang luar, kalau orang luar mereka banyak tanya karena merasa menarik karena ada sesuatunya kalau di Indonesia terbalik, makin bersih orang makin mundur tapi kalau ditulis gratis atau informasi apa ini ini makin banyak yang menghampiri meja orang akan datang dan bertanya. Jadi kalau misalnya suatu hari punya event tu kalau gratis tulis gratis segede itu karena orang lebih suka mereka yang maju mereka pingin mereka yang bertanya, dari pada kalian maju merka akan mundur. Dari markom dan sosial media kalau mau highlight sesuatu creative kita mesti ngeclear apa yang musti di highlight ininya, gratisnya,eventnya atau yang lainnya.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun