Puisi anak memiliki potensi besar dalam mendukung pembelajaran literasi, khususnya di tingkat sekolah dasar, karena membangun fondasi keterampilan bahasa yang esensial bagi perkembangan anak. Melalui penyampaian yang imajinatif dan berirama, puisi dapat memfasilitasi pemahaman anak terhadap bahasa dengan cara yang menyenangkan, sehingga mempermudah mereka untuk mengeksplorasi kosakata baru dan struktur kalimat. Metode pengajaran puisi yang kreatif, seperti pembacaan interaktif dan permainan peran, dapat menggaet perhatian anak dan mendorong mereka untuk berpartisipasi aktif dalam proses belajar. Contoh puisi yang sesuai untuk anak-anak, seperti puisi sederhana yang menggambarkan alam atau berbagai perasaan, tidak hanya merangsang minat baca tetapi juga memberikan medium bagi anak untuk mengekspresikan kreativitas dan imajinasi mereka. Penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan puisi dalam kegiatan pembelajaran, anak-anak dapat menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam minat baca, memperkaya kosakata, dan berkontribusi pada pengembangan kemampuan literasi secara keseluruhan. Oleh karena itu, pemanfaatan puisi sebagai alat pembelajaran dalam konteks pendidikan awal sangatlah strategis dan bermanfaat, layak dipertimbangkan untuk diintegrasikan dalam kurikulum.
KEMBALI KE ARTIKEL