Lantas apa hubungannya dengan evaluasi? Seperti yang kita tahu dari artikel yang sudah saya buat sebelumnya. Jadi, sebelum kalian lanjut kesini alangkah baiknya mengintip artikel-artikel sebelumnya mengenai evaluasi. Singkatnya , dari beberapa para ahli seperti Griffin dan nix dan berdasarkan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) mengemukakan evaluasi adalah erat kaitannya dengan penilaian, pengukuran dan keputusan akhir. Bahwa semua bisa diperbaiki melalui evaluasi dari penilaian yang kita buat untuk mengetahui apakah masih banyak kekurangan atau kesalahan bahkan tidak sedikit melihat ada kelebihan.
Nah, kali ini saya akan membahas tentang evaluasi Program Pendidikan PAI. Sebelumnya kita sudah mengenal istilah apa itu evaluasi program pendidikan PAI. Sekarang kita fokuskan kepada program PAI yang dievaluasi.
Evaluasi Program Menurut para ahli
Kepelatihan guru, Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI), Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Itu merupakan program pendidikan yang dioperasikan pemerintah untuk kelangsungan kemajuan pendidikan diIndonesia. Tentunya untuk lebih memajukan dan memperbaiki program-program tersebut maka dibutuhkan evaluasi demi program yang bersifat Continue dan mengikuti zaman.
Menurut Suharsimi Arikunto bahwa evalusi program yiatu seberapa tinggi tingkat keberhasilan dari sebuh kegiatan yang telah direncankan.
Menurut Tyler bahwa evaluasi program yaitu untuk mengetahui apakah suatu program telah terealisasikan sesuai tujuan yang telah direncanakan atau tidak.
Menurut Crombach (1963) dan Stufflebeam (1971) bahwa evalusi program yaitu suatu informasi yang disusun agar nantinya di berikan kepada yang membuat keputusan.
Dapat disimpulkan bahwa evaluasi program yaitu suatu informasi yang didapatkan untuk mengetahui tingkat keberhasilan apakah sudah terealisasi sesuai tujuan atau tidak yang nantinya akan dibuat keputusan apakh evaluasi itu layak diteruskan atau diperbaikai lagi.
Evaluasi Program Pendidikan PAI (Pendidikan Agama Islam)
Sudah mengetahui apa itu evaluasi program, maka kita lanjut bagaimana evaluasi program pendidikan PAI dilaksanakan.
Dikutip dari jurnal Paramurobi, vol.2 dikatakan bahwa pendidikan islam merupakan sebuah bimbingan dan pengajaran untuk seseorang agar menjadi muslim yang taat sesuai ajaran agama islam. Dengan demikian bahwa evaluasi program pendidikan agama islam merupakan sebuah penilaian kegiatan yang direncanakan dalam memberi bimbingan kepada seseorang agar tercipta muslim yang taat terhadap ajaran agama islam.
Menurut Cepi Safruddin dan Arikunto
dalam bukunya Evaluasi Program Pendidikan mengatakan "valuasi program merupakan langkah awal dalam supervisi, bahwa dengan pengumpulan informasi akan memudahkan para pengambil keputusan untuk menindak lanjuti suatu program yang sedang dan akan dilaksanakan.
Dalam pelaksanaan evaluasi program pendidikan PAI berdasarkan jurnal Paramurobi vol.2 dikatakan bahwa diperlukan sebuah instrumen agar mengetahui dimanakah letak kekurangan suatu program itu. Entah itu menggunakan instrumen angket, wawancara, observasi, maupun pengamatan lainnya. Diperlukan beberapa pertanyaan-pertanyaan yang mengacu pada adanya perubahan atau tidak. Seperti contohnya pertanyaan kepada murid, apakah kehadiran siswa sudah baik. Kepada guru, apakah sebelum mengajar guru menguasai materi. Kepada kurikulum, seberapa tingkat pemahaman guru dalam pengiasaan materi sesuai GBPP. Pertanyaan tentang sarana, apakah alat peraga sudah memadai dalam penyampaian pelajaran. Pertanyaan terhadap lingkungan, apakah lingkungan sekitar siswaemberi pengaruh baik atau buruk. Pertanyaan terhadap metode dan pendekatan, apakah dengan metode yang ada hasil belajar siswa sudah tinggi.
Demikian tentang evaluasi program pendidikan agama Islam yang bisa disampaikan. Intinya semua butuh proses dalam hal perbaikan. Dan instrumen yang digunakan yaitu evaluasi.