Aplikasi Teori Persuasi dalam Pengembangan Iklan Layanan Masyarakat Pro-lingkungan yang Efektif
9 Maret 2015 13:30Diperbarui: 17 Juni 2015 09:571950
Iklan layanan masyarakat dirancang untuk memberikan informasi serta membujuk perilaku khalayak tertentu, umumnya untuk keuntungan non-komersial dan menggunakan pendekatan media massa (diadaptasi dari Rogers & Storey, 1987, Rice & Atkin, 1989). Keuntungan menggunakan ILM untuk mempromosikan perilaku prososial adalah karena kemampuan ILM untuk secara efisien dan berulang kali menembus target populasi yang besar, dengan kemungkinan mengandalkan sumber yang sangat dihormati sebagai juru bicara (Hornik, 1989). Meskipun ada banyak penelitian persuasi yang membahas perubahan sikap dan perubahan perilaku yang sesuai dari ILM, namun ILM biasanya dirancang tanpa mengambil keuntungan dari informasi yang diberikan. Kampanye pro-lingkungan menghadapi masalah khusus, karena pesan yang mencoba untuk mengarahkan perilaku, tidak terjadi sampai lain waktu. Maka dari itulah diperlukan pedoman khusus untuk membantu menciptakan ILM pro-lingkungan yang efektif.
Jixie mencari berita yang dekat dengan preferensi dan pilihan Anda. Kumpulan berita tersebut disajikan sebagai berita pilihan yang lebih sesuai dengan minat Anda.