Pada Hari senin tanggal 30 Agustus 2021 sesuai jadwal LMS guru penggerak saya melaksanakan kegiatan Aksi Nyata dari apa yang sudah dipelajari dalam modul 1.1 tentang fisolofi KHD. Dalam Aksi Nyata ini saya menerpkan pembelajaran dengan model pembelajaran
discovery learning dengam pendekatan STEAM. Perangkat pembelajaran yang saya gunakan untuk kegiatan pada aksi nyata saya sesuaikan sesuai dengan penerapan filosofi KHD pada proses pembelajaran diantaranya meliputi :
- Perasaan selama melakukan perubahan di kelas sebagai calon guru penggerak ketika di kelas muncul dalam diri saya nilai mandiri untuk maju dan berkembang dalam upaya melakukan perubahan dikelas bagi peserta didik tanpa ada perintah dari siapapun.
- Adanya dorongan untuk menuntun segala kodrat yang ada pada anak-anak sehingga anak dapat mencapai titik keselamatan dan kebahagian yang setinggi - tingginya pada era revolusi indsutri 4.0. Menjadikan sekolah khususnya kelas sebagai tempat persemaian benih-benih kebudayaan bagi peserta didik yang berbudi pekerti luhur dan perbaikan tingkah lakunya .
- I
- de atau gagasan yang timbul sepanjang proses perubahan diantaranya Bagaimana melakukan perbaikan budi pekerti peserta didik didalam proses pembelajaran dikelas. Meningkatnya antusias peserta didik dalam proses pembelajaran dikelas dengan memberikan pujian atau reward terhadap peserta didik). Strategi meningkatkan kemampuan peserta didik sesuai kodrat zaman.
- Fokus penuh kesadaran yang lebih baik terhadap perubahan tingkah laku peserta didik. Menjadikan peserta didik sebagai pusat pembelajaran dengan komunikasi yang baik antara guru, peserta didik dalam proses pembelajaran dikelas.
- Membangun budi pekerti dikelas dengan membaca do’a sebelum belajar, cerdas berkarakter dan mendorong siswa memiliki profil pelajar Pancasila;
- Kodrat Alam dan Kodrat Zaman peserta didik melaksanakan pembelajaran dengan mengikuti kodrat alam dalam membuat kerajinan dimana siswa diberikan kebebasan untuk membuat kerajinan dengan inpirasi non benda dan menggunakan bahan limbah.
- Kemudian siswa dituntun untuk memenuhi kodrat zaman siswa menguploadnya ke google drive, atau youtube, atau IG/tiktok dan lainnya sesuai keinginan minat dan agar pesrta didik merasakan bahwa mereka sebagai siwa merdeka.
- Pada saat proses pembelajaran siswa dengan penuh semangat di kelas bermain sambil belajar dengan diberikan permainan untuk menemukan ide dan peluang dalam membuat kerajinan.
KEMBALI KE ARTIKEL