Mohon tunggu...
KOMENTAR
Money

Mergerisasi Gojek dan Tokopedia : Bagaimanakah Multiplier Effect yang Ditimbulkan bagi Perekonomian di Indonesia ?

22 November 2021   16:37 Diperbarui: 22 November 2021   17:03 758 0
Revolusi industri 4.0 merupakan adanya kemajuan teknologi yang berdampak pada transformasi kehidupan umat manusia dari berbagai aspek, tak terkecuali dari bidang ekonomi (Hamdan, 2018). Dengan kata lain, digitalisasi merupakan bukti konkrit dari adanya revolusi industri 4.0. Optimalsasi teknologi informasi dan komunikasi menjadi kunci utama pada revolusi industri 4.0 (Satya, 2018). Wujud dari teknologi informasi dan komunikasi sudah dirasakan pada saat ini, yaitu melalui jumlah pengguna internet di Indonesia. Jumlah pengguna internet di Indonesia pada tahun 2021 mencapai 202,6 juta dengan peningkatan dibandingkan tahun lalu mencapai 37 juta pengguna (Rizkinaswara, 2021). Tingginya lonjakan pengguna internet di Indonesia menjadi peluang bagi ekspansi perusahaan berbentuk start-up (usaha berkembang) untuk memenuhi permintaan komsumen yang semakin kompleks. Sebagai contoh pada isu yang hangat beberapa bulan lalu adalah mergerisasi antara Gojek dan Tokopedia, yang akrab disebut dengan GoTo (Gojek-Tokopedia). Misi yang ingin dicapai dari mergerisasi GoTo adalah menciptakan dampak sosial dalam skala besar, termasuk memberikan kesempatan bagi pelaku UMKM lokal dalam mengembangkan bisnisnya (Fitriani, 2021). Layanan yang akan dikembangkan antara lain akomodasi transportasi, fasilitas pembayaran, hingga penjualan barang dan jasa oleh UMKM lokal (Ramli & Sukmana, 2021). Hal ini dikarenakan adanya inovasi berupa platform GoTo Financial yang membantu mitra UMKM meningkatkan pendapatan dan mengurangi biaya operasional, bahkan inovasi tersebut dapat memberikan sinyal bagi pemulihan ekonomi (Walandouw, Primaldhi, & Wongkaren, 2021). 

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun