Mohon tunggu...
KOMENTAR
Ilmu Sosbud

Iklan Rokok Lebih Taat Aturan Dibandingkan Iklan Lainnya? Analisis pada EPI

3 Juli 2023   12:06 Diperbarui: 3 Juli 2023   12:11 322 0

Iklan adalah sebuah pesan berbayar yang berisi tentang produk atau jasa yang ditujukan kepada masyarakat dengan menggunakan media (media sosial, elektronik, cetak,dll), sehingga masyarakat tertarik untuk membeli atau menggunakan produk/jasa yang kita tawarkan. Iklan merupakan salah satu cara bagi para produsen untuk menyampaikan informasi mengenai produknya, kepada masyarakat luas agar mau membeli atau menggunakan produk yang kita jual. Pada akhirnya, masyarakat akan selalu mengingat produk kita dan apabila masyarakat puas, akan membuat mereka melakukan pembelian ulang.

Namun, tidak semua iklan memenuhi aturan yang sudah dibuat dan disepakati bersama, sebagaimana salah satunya sesuai dengan kitab Etika Pariwara Indonesia (EPI) versi terbaru amandemen 2020 yang dibuat oleh Dewan Periklanan Indonesia.

Kitab Etika Pariwara Indonesia (EPI) versi amandemen 2020 merupakan versi terbaru dari kitab EPI sebelumnya, di mana kitab EPI versi amandemen 2020 menjadi penyempurna dan juga paling up-to-date, di mana yang kita ketahui bahwa perkembangan teknologi saat ini sangatlah cepat dan semakin canggih. Maka dari itu, diterbitkanlah kitab EPI versi amandemen 2020 untuk membantu para pengiklan dalam membuat iklan yang sesuai dengan aturan-aturan yang terdapat di dalam kitab EPI, serta sesuai dengan tata krama dan norma-norma yang ada di masyarakat.

Sesuai judul, dalam tulisan ini membahas mengenai iklan rokok dan iklan produk lain. Seperti yang kita ketahui, iklan rokok tidak dapat ditayangkan secara bebas, karena iklan rokok sangatlah sensitif bagi kehidupan masyarakat. Ini menjadi tantangan serta pelajaran bagi para pengiklan rokok dalam membuat sebuah iklan rokok yang tidak melanggar aturan, norma, serta tata krama dalam kitab EPI maupun lingkungan masyarakat kita.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun