Pada situasi pandemi seperti saat ini, peserta didik diharuskan untuk belajar secara mandiri melalui pembelajaran daring. Dengan demikian peserta didik sebaiknya memiliki kemandirian belajar yang baik, sehingga mampu mengikuti proses pembelajaran dengan harapan mendapatkan hasil belajar yang baik pula. Namun nyatanya tidak semua peserta didik memiliki kemandirian belajar yang baik, sehingga kemandirian peserta didik dalam belajar perlu untuk dikembangkan.
Kemandirian belajar itu sendiri merupakan kesadaran diri untuk belajar dengan tidak bergantung kepada orang lain dan merasa bertanggung jawab dalam mencapai tujuan yang diinginkan. Seseorang dikatakan pembelajar mandiri apabila memiliki kapabilitas dalam mengarahkan pembelajaran mereka sendiri.
Kemandirian belajar tidak dapat muncul begitu saja. Kemandirian belajar juga tidak bergantung pada keturunan, tetapi banyak hal-hal yang mempengaruhinya. Kemandirian belajar juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kemandirian belajar antara lain: 1) Faktor Psikologis: Integensi, minat, motivasi; 2) Faktor Fisiologis: Sakit, cacat tubuh; dan 3) Faktor lingkungan: Keluarga, suasana rumah, sekolah. Adapun Indikator Kemandirian Belajar, terdiri dari:1) Percaya diri, 2) Aktif dalam belajar, 3) Disiplin dalam belajar, 4) Tanggungjawab dalam belajar.
Kemandirian belajar peserta didik berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran, motivasi siswa dalam belajar, dan hasil belajar siswa.Kemandirian belajar di masa pandemi sangatlah berperan penting bagi peserta didik.