Mohon tunggu...
KOMENTAR
Ruang Kelas

Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Contoh Keragaman Anak di Kelas

2 Oktober 2023   16:05 Diperbarui: 2 Oktober 2023   16:13 3516 1
Pengertian Pembelajaran Berdiferensiasi

Ada sebuah penelitian yang mengemukakan bahwa  Pembelajaran  berdiferensiasi  yaitu pembelajaran yang   mengakomodir   kebutuhan   siswa   dalam   kegiatan   belajar, Wahyuningsari (2022). Hal ini juga sejalan dengan pendapat Firdaus (2022) yang mengemkakan bahwa  pembelajaran berdiferensiasi merupakan upaya yang dilakukan guru untuk memenuhi kebtuhan guru dan harapan murid.Guru memperhatikan ciri khas siswa yang berbeda-beda, sehingga  siswa yang mempunyai ciri berbeda tidak akan diperlakukan sama. Dalam menerapkan pembelajaran diferensiasi, guru harus mengambil langkah-langkah yang wajar untuk mengakomodasi perbedaan karakteristik siswa. Pembelajaran yang dibedakan bukan berarti memberikan perlakuan yang berbeda kepada setiap siswa atau membedakan antara siswa yang pandai dan kurang pandai.Penerapan pembelajaran yang berdiferensiasi perlu mendorong anak menyerap informasi secara maksimal dalam  pembelajaran. Dampak penerapan pembelajaran yang berdiferensiasi antara lain: seluruh siswa dengan  karakteristik yang beragam merasa diterima dan dihargai, guru mengajar untuk keberhasilan dan pertumbuhan siswa, kebutuhan belajar Pembelajaran siswa difasilitasi, misalnya dengan bentuk pembelajaran yang benar-benar adil, melibatkan kolaborasi antara guru dan siswa . Untuk mendorong fleksibilitas pembelajaran yang berbeda, hasil awal yang ditetapkan setiap tahun akan diubah menjadi hasil pembelajaran berbasis tahapan yang disusun sesuai dengan tahapan perkembangan siswa. Perubahan tersebut berasal dari pentingnya fleksibilitas, tujuan pembelajaran yang tidak terlalu padat, dan perlunya merancang pembelajaran yang tepat sesuai dengan tingkat  belajar siswa (teaching at the right level). Rancangan hasil belajar berdasarkan tonggak sejarah didasarkan pada pemahaman bahwa meskipun pada usia yang sama, tingkat prestasi akademik siswa tidaklah seragam.Wulandari (2022) mengemukakan bahwa pembelajaran berdiferensiasi adalah  pembelajaran  yang  mengakomodir, melayani,dan  mengakui  keberagaman  siswa  dalam  belajar  sesuai dengan  kesiapan,  minat,dan  preferensi  belajar  siswa.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun