Mohon tunggu...
KOMENTAR
Pendidikan Pilihan

Integrasi Problem Based Learning Dengan Empat Pilar Pendidikan UNESCO : Membangun Kompetensi Abad 21

4 Januari 2025   09:16 Diperbarui: 4 Januari 2025   09:17 114 1
Dalam era globalisasi dan revolusi digital, pendidikan dituntut untuk menghasilkan individu yang tidak hanya memiliki pengetahuan secara teoretis, tetapi juga mampu beradaptasi dengan tantangan secara nyata, dengan adanya perkembangan teknologi dan situasi global yang semakin rumit. Oleh karena itu diperlukan pembekalan kepada siswa tentang perkembangan global agar individu mampu menguasai keterampilan abad 21, seperti pemecahan masalah, kreativitas, komunikasi, dan kemampuan berkolaborasi, agar dapat beradaptasi di dalam lingkungan yang dipengaruhi oleh dinamika era digital saat ini. Hal ini juga menyebabkan kebutuhan keterampilan yang lebih luas dan holistik daripada sekadar transfer pengetahuan secara konvensional, sehingga pendidikan saat ini diharapkan tidak hanya fokus pada transfer ilmu, melainkan juga pada pembentukan individu yang memiliki keterampilan yang relevan dengan tuntutan zaman, Dalam konteks ini, model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) telah muncul sebagai model inovatif yang sejalan dengan empat pilar pendidikan UNESCO: Learning to Know, Learning to Do, Learning to Be, dan Learning to Live Together. Lalu bagaimana PBL dapat diintegrasikan dengan keempat pilar tersebut untuk membangun kompetensi abad ke-21?

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun