Mohon tunggu...
KOMENTAR
Sosbud

Sebilah Keris dari Pak RT, Pak Guru, Pak Ustad,

10 Februari 2012   07:48 Diperbarui: 25 Juni 2015   19:50 482 0
cuy tar malem jalan yuk ??. ajak gw kepada sebut saja si didi nama disamarkan. sory cuyy malam ini malam satu suro gw ga boleh tidur, jalan apa lagi keluyuran, saut didi. trus ngapain lo nyepi ?? pati geni ?? timpalku sambil meledek. kaga cuy nyuci KERIS !!!,,,,,,,.  wt* anjrit .  wkakwkkakwka jangan lupa cuy abis dimandiin trus bawa ke mak erot biar makin maknyos tu keris lu. seketika itupun didi ikut tertawa hahahhaah seraya berkata GOBLOK lu hahhahaha . ya begitulah percakapan kurang lebihnya 2 tahun yang lalu antara saya dan didi, memang terlihat kasar dan kurang enak didengar tapi buat kita itu biasa karena kita sudah berteman 6 thun lamanya.

NYUCI KERIS, dua kata yang terngiang ngiang di kepala gw  !#@$ Nyuci dan keris ?? apa sama kaya Nyuci motor, Nyuci mobil, Nyuci baju, Nyuci Celana, Nyuci Sepatu, Nyuci  kucing,  & Nyuci burung #mikir kotor tampol !. cuman bedanya yang satu pakai Deterjen, sabun, atau sampo dan yang satu lagi pake jeruk nipis, aer pace, atau aer kelapa ijo.

Dari pertanyaan pertanyaan diatas lah mengatarkan saya kepada seorang mbah sebut saja mbah mi"ih  yang letaknya di sebelah timur jakarta, selintas tentang mbah mi"ih perawakan ga gemuk ga kurus, rambut lurus, mata standart, orangnya santai, pekerjaan guru agama di SLTPN ** selain guru juga jadi Ketua Rt. ada yang panggil dya pak ustad, ada yang panggil dya mbah, ada yang panggil dya ki, ada yang panggil dya pak RT, ada yang panggil dya pak guru.  malah ada yang menyapanya seperti ini --> misi pak Guru, misi Pak Rt, misi pak ustd, misi ki, misi mbah, misi numpang lewat #anjrit lu bayangi cuy kalo semua orang nyapa kaya bgtu, dpn rumah pak ustd ngantri kaya orang isi premium bro !trooodoootttt ngooonngggggg sakti melaju dgn mantap ( motor astrea grand thun 97an )  di jalan raya bogor menuju rumah pak guru alias pak rt, alias pak ustad alias mbah dengan membawa perlengkapan dan perbekalan yang cukup matang, kopi, gula, rokok, martabak, kacang rebus, pilus, senter dan yang paling penting lagi dompet ga kempot cuy #haahahahahhahah

asalamualaikum ,,,,,,,,,,,,,

walaikum salammm ,,,, jawab pak ustad, sebut saja pak ustad biar gampang.

seraya menjabat tangan dan menyuruh masuk kerumahnya ya iyalah masa ke kandangnya apa lagi ke wcnya.  iya pak, gw pun masuk dan mengeluarkan perbekalan. ini pak ada sdikit bawaan untuk menamani obrolan kita nanti. jangan nanti sekarang juga boleh. mau minum apa ?  #biirrr eehh keceplosan sedikit canda ku lontarkan ke pak ustad. heheheeh ustdpun tertawa dan menawarkan kopi saja gmana. ok kopi jga tak apa - apa ko pak,

Berikut Percakapan antara gw dan pak ustad.

pak ustd : darimana mas

gw             : dari r***s**i pak, pak sebenarnya nyuci keris itu buat apa ya ?

pak ustd : ya buat keris masa buat orang

gw             : ya iya buat keris masa buat sapi maksud saya kenapa pakai dimandikan, kenapa pake jeruk nipis segala

kenapa pake mandiin di malam 1 suro kenapa pake kembang 7 rupa kenapa kenapa kenapa ?
pak ustd : biasanya pake air pace dulu direndam biar karatnya jadi lunak setelah itu digosok pake jeruk nipis agar

karatnya hilang kalo air kembang ya biar wangi kalo masalah mlm 1 suro itu budaya dan tradisi mas

gw             : trus unsuk mistiknya pak ? dan penunggu keris itu ??? kegunaan keris itu berdasarkan unsur mistiknya ?

pak ustd :  kalo itu memang ada tapi jngn kita meminta pada mereka , tetap miminta ya kepada ALLAH SWT

ppiiuuuffhh mulai terjawab dalam benak gw ooooohh ternyata kalo jeruk nipis,  aer pace dan aer kembang cuman buat bersihin bukan untuk nyuguhin gtu loh !!

gw               : apa semua keris ada isinya

pak ustad : ya ada, ada yang besi ada yang baja ada yang dari batuan meteor heheh

gw               : wakwkakwkkakwkawkakwk mksud saya penunggunya

pak ustad : ga juga

gw              : trus cara saya bisa tahu ada isinya atau ga ?

pak ustad : gini mas mau memandang keris dari sudut mana, Keris adalah hasil kebudayaan, kagunan, atau kesenian. Kemudian pandangan kedua yang telah sejak lama berkembang di kalangan masyrakat (Jawa), secara umum lebih meyakini bahwa keris merupakan senjata pusaka dikarenakan daya gaib atau tuah yang dimilikinya. Sedangkan menurut pandangan ketiga yang berkembang di kalangan yang sangat terbatas, keris merupakan pusaka dengan berbagai variasi pemaknaannya dan dinyatakan dengan istilah-istilah yang hanya dikenali oleh kalangan tersebut.Terutama makna-makna sosial, historis, filosofis, etis dan religius-mistis.

gw              : saya mau melestarikan budaya tanpa mengesampingkanunsur pusaka jadi bisa saling menghormati

dan satu lagi saya ga mau meminta sama keris #ya iyalah cuman orang gila yang minta sama keris

tak terasa sudah 3 jam dan waktu menunjukan pukul 23.30 disela sela percakapan hangat dengan pak ustd tiba tiba TAR terdengar seperti ledakan mercon *anjrit sempet kaget gw      dalam hati ni orang tua maen sulap lagi tengah malem gini

pak ustd   : oleh oleh udah sampe,  ikut yuk mas , sambil nyalain sentre dan sebatang rokok mengepul dimulutnya

gw               : ( tanpa banyak bicar gw ikutin pak ustad dari belakang ) yaiyalah dari belakang masa ngikutin dari depan !

sampailah di kebun sereh yang tingginya kurang lebih 60cm dan ada pohon pepaya di dpn kebun sereh itu, pak ustadpun munyuru saya menebang dan membongkar pohon itu ternyata amazinggggggg terdapat sebilah keris dengan luk 5 dengan gagang berbentuk arjuna. seraya pak ustd berkata lestarikan budaya.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun