Perlu diketahui terlebih dahulu, media monitoring sendiri merupakan sebuah proses pemindahan informasi public pada media cetak atau bisa pula media digital dengan cara mencari kata kunci atau topic pembahasan tertentu. Lebih detailnya lagi bisa dikatakan sebuah sistem yang akan digunakan sebagai proses membaca, mendengar, ataupun melihat dari berbagai sudut pandang pemberitaan media atau postingan pada sebuah sosial media. Data tersebut bisa berupa konten media yang dapat dihasilkan lalu di analisa dan diidentifikasi sesuai dengan kebutuhan dari topic tertentu.
Media intelligence sendiri cukup penting untuk mendukung berbagai perkembangan dalam dunia usaha bisnis. Ada beberapa pihak yang diuntungkan ketika memutuskan menggunakan metode tersebut dalam menganalisis tren saat ini. Beberapa tersebut, diantaranya:
- Para startup dan para usaha kecil menengah atau lebih dikenal dengan UKM.
- Perusahaan besar dengan manager marketing professional.
- Kelompok advokasi, asosiasi sampai dengan sektor nirlaba.
- Agen komunikasi dan humas pemerintahan serta administrasi public.