Setiap individu mempunyai karakteristik yang berbeda satu dengan yang lainnya. Manusia memiliki karakteristik khusus dan unik (Karim, 2020; Wulandari, 2022). Begitu juga dengan peserta didik di kelas yang memiliki keberagaman perbedaan satu dengan yang lainnya. Semua  peserta  didik  berbeda  baik dalam kondisi fisik maupun psikisnya (Purwanto, 2023). Keragaman peserta didik dalam sebuah kelas merupakan tantangan bagi guru dalam mencapai target kurikulum. Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pendekatan yang dapat mengakomodasi kebutuhan belajar yang beragam. Menurut Tomlinson (2001) Pembelajaran berdiferensiasi adalah usaha untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa sebagai individu. Dalam dunia pendidikan, keragaman peserta didik merupakan fenomena yang tidak bisa dihindari. Setiap peserta didik memiliki latar belakang, kemampuan, dan gaya belajar yang berbeda. Hal ini menjadi tantangan bagi guru untuk mencapai target kurikulum yang telah ditetapkan. Pendekatan tradisional yang menganggap semua peserta didik belajar dengan cara yang sama sudah tidak relevan lagi. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan yang lebih fleksibel dan adaptif, yaitu pembelajaran berdiferensiasi.
KEMBALI KE ARTIKEL