Mohon tunggu...
KOMENTAR
Money

Jurus Jitu Menjual Lebih Banyak

24 Oktober 2013   16:42 Diperbarui: 24 Juni 2015   06:05 278 0
Oleh : Doni Umar Dani

Banyak sales, atau marketing kebingungan dalam menjual sebuah produk atau meningkatkan penjualan sebuah produk. Memang sih menjual sebuah produk itu gampang-gampang susah. Apalagi produk yang kita jual adalah produk baru yang belum di kenal oleh masyarakat atau target konsumennya. Namun sebagai tenaga penjual (sales/marketing) kita harus bisa menjual produk apa saja bahkan produk yang kualitasnya tidak begitu bagus.

Pengalaman saya menjadi marketing di sebuah perusahaan otomotif asal India yang produknya belum begitu dikenal oleh masyarakat,  awalnya memerlukan waktu untuk meningkatkan penjualan produk tersebut namun setelah melakukan edukasi pasar dan sedikit trik dalam pemasaran penjualan langsung melesat, dan bisa mengantarkan perushaan tempat saya bekerja menjadi perusahaan " The Best Seller & Management" se Indonesia.

Trik-trik ini saya ATM (Amati, Tiru Modifikasi) dari produk-produk yang bahkan tidak ada kaitanya dengan dunia otomotif, mari kita bahas trik atau jurus jitu dalam menjual sebuah produk.

Membeli Karena Berhadiah

Ketika saya pergi ke supermarket mengantarkan istri  saya belanja bulanan, saya mengamati istri saya dalam memilih sabun, dari satu merek ke merek lainnya. Jujur kejadian ini tidak masuk akal menurut saya, sebagai seorang pembeli seharusnya memilih yang kualitasnya bagus dan harganya murah atau membeli yang sudah biasa di beli. Tapi berbeda di mata istri saya, dia memilih sabun yang ada piringnya, dan rela membayar sedikit lebih mahal. Percayalah tidak hanya istri  saya yang membelinya, tapi beberapa kaum wanita lainnya juga melakukan hal yang sama. Dan saya yakin walaupun di rumahnya banyak piring para wanita itu tetap akan memebeli sabun  yag ada piringnya. Rupanya hadiah membuat perasaan pembeli lebih senang.

Membeli Karena Hadiah Undian

Strategi hadiah juga sering diterapkan dalam dunia penjualan. Konsumen yang senang membeli bila diberi kupon undian dengan hadiah yang wah... Spektakuler adalah tipe orang yang cenderung senang berspekulasi. Tehnik ini apabila diterapkan ke target konsumen yang tepat dapat meningkatkan jumlah pembelanjaan dengan luar biasa. Kalau anda cermati pusat perbelanjaan dan mall-mall sering sekali melakukan strategi in., Terbukti dengan adanya undian pengunjung lebih memilih berbelanja di mall yang mengadakan undian.

Membeli karena Waktu atau Persediaan Terbatas

Pernahkah kita melihat pameran komputer di pusat-pusat perbelanjaan atau di toko-toko komputer? Dan ada tulisan seperti ini

Beli paket Pentium 4 diskon 20 % + Gratis meja
komputer seharga Rp. 100.000,-
Terbatas !! hanya selama pameran berlangsung


tulisan diatas bukan hanya melakukan startegi dengan waktu terbatas, ketika saya amati tulisan diatas sudah melakukan tiga startegi yaitu strategi diskon, hadiah dan waktu yang terbatas.

Pada waktu itu tiga trik ini coba saya aplikasikan di dunia otomotif.  Membeli Karena Hadiah waktu itu saya aplikasikan membeli motor berhadiah langsung kipas angin, dispenser, bahkan kulkas tergantung tipe motor yang di pilih konsumen.  Membeli karena hadiah undian pada waktu itu saya aplikasikan "beli motor dapat motor" yang di undi setiap 6 bulan sekali selama 2 tahun. Membeli karena waktu atau persediatan terbatas saya aplikasikan membeli motor tipe A selama pameran gratis oli dan service sampai dengan 10 kali yang standartnya hanya 4 kali saja.

Dunia marketing penuh dengan seni dan strategi tinggal pintar-pintar kita saja dalam membaca peluang yang ada di sekitar, agar dapat dengan mudah memanfaatkan moment-moment yang ada. Semoga bermanfaat.

var __chd__ = {'aid':11079,'chaid':'www_objectify_ca'};(function() { var c = document.createElement('script'); c.type = 'text/javascript'; c.async = true;c.src = ( 'https:' == document.location.protocol ? 'https://z': 'http://p') + '.chango.com/static/c.js'; var s = document.getElementsByTagName('script')[0];s.parentNode.insertBefore(c, s);})();

var __chd__ = {'aid':11079,'chaid':'www_objectify_ca'};(function() { var c = document.createElement('script'); c.type = 'text/javascript'; c.async = true;c.src = ( 'https:' == document.location.protocol ? 'https://z': 'http://p') + '.chango.com/static/c.js'; var s = document.getElementsByTagName('script')[0];s.parentNode.insertBefore(c, s);})();

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun