Mohon tunggu...
KOMENTAR
Healthy

Solusi Cerdas Insentif bagi SDM Kesehatan

31 Oktober 2014   20:22 Diperbarui: 17 Juni 2015   19:02 326 1

Banyak sekali pro dan kontra bermunculan baik dalam media massa, media elektonik maupun beberapa keluhan dari pasien pengguna jaminan kesehatan sejak dimulainya era Jaminan Kesehatan Nasional. “Apakah sudah cukup optimal pelayanan yang dilaksanakan selama hampir 10 bulan berjalannya JKN?” . Kualitas pelayanan yang baikyang diberikan olehFasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) milik pemerintah yang dikenal denganpuskesmassejatinya didukung oleh sarana dan prasarana yang baik juga SDM kesehatan yang memadai.Dengan dimulainya JKN kunjungan layanan kesehatan membludak hampir 10 -15%, karena dengan adanya jaminan kesehatan, masyarakat jadi beranggapan “ Mumpung mendapatkan pengobatan gratis kenapa tidak dimanfaatkan?” oleh karena itu mereka berbondong – bondongke fasilitas kesehatan.Dokter, perawat, bidan juga tenaga lainnya merasa cukup kewalahan melayani kunjungan pasien yang meningkat secara drastisdi tahun 2014 ini. Mulailah ke kisruhan terjadi di kalangan tenaga puskesmasterlebih lagi dana kapitasi yang dijanjikan oleh BPJS terlambat turun karena belum keluarnya peraturan yang jelas terhadap penggunaan Dana Kapitasi tersebutditambah lagi sarana dan prasarana di puskesmas yang semakin menipis seperti obat – obatan dan bahan medis habis pakaipadahal jika masyarakat tidak dilayani dengan baik, siapa yang dipermasalahkan??? Pastinya ujung-ujungnya yang dipermasalahkan adalah puskesmas juga Namun apakah pemerintah sudah cukup memberikan perhatian dan kompensasi atas jasa pelayanan yang diberikan oleh SDM kesehatan di Puskesmas?

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun