Mohon tunggu...
KOMENTAR
Ilmu Sosbud

Pengaruh Teori Humanistik terhadap Perkembangan Peserta Didik dari Segi Kesehatan Mental

11 Desember 2023   07:01 Diperbarui: 11 Desember 2023   07:11 64 0
Dewasa ini, isu mengenai kesehatan mental sedang banyak diperbincangkan di khalayak publik. Fenomena peduli akan kesehatan mental juga sedang digaungkan oleh sebagian masyarakat. Meskipun sudah digaungkan oleh sebagian masyarakat, namun tidak semua orang memahami pentingnya kesehatan mental bagi setiap individu, sebagian orang bahkan menganggap bahwa hal tersebut merupakan suatu fenomena yang sudah biasa terjadi dikalangan anak muda, seperti orang tua atau guru yang tidak memperhatikan kesehatan mental anak maupun peserta didik. Orang tua sering fokus pada dirinya sendiri maupun gadgetnya dan tidak memperdulikan anaknya. Guru di sekolah juga masih banyak yang tidak peka dengan latar belakang siswanya serta menganggap berbagai tindakan perundungan sebagai tindakan yang biasa atau hanya dianggap bercanda semata. Permasalahan mental pada peserta didik itu juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor baik itu faktor internal maupun eksternal, faktor internal berasal dari dirinya sendiri seperti kurang matangnya menghadapi permasalahan kehidupannya. Sedangkan, dari faktor eksternal yaitu akibat tekanan dari lingkungannya seperti keluarga, pertemanan, maupun masyarakat. Sehat secara mental bukan hanya dilihat dari fisiknya saja, melainkan dilihat dari berbagai aspek mulai dari fisik, psikis, spiritual, mental, hingga keadaan sosialnya (Hasanah & Haziz, 2021). Perkembangan peserta didik juga ditinjau dari aspek kesehatan mental yang dilihat dari pelaksanaan kegiatan pembelajaran, terutama dengan diterapkannya teori humanistik. 

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun