Mohon tunggu...
KOMENTAR
Pendidikan

Realisasi Pembelajaran Berdiferensiasi Beri Kesempatan Siswa Kembangkan Potensi

4 Oktober 2024   13:22 Diperbarui: 4 Oktober 2024   19:28 97 0
Pembelajaran berdiferensiasi, teknik instruksional atau pembelajaran di mana guru menggunakan berbagai metode pengajaran guna memenuhi kebutuhan belajar siswa yang berbeda-beda. Dalam pembelajaran berdiferensiasi ini, guru akan selalu mempertimbangkan perbedaan individu siswa baik dalam hal kemampuan, minat, kebutuhan, hingga gaya belajarnya.

Pembelajaran berdiferensiasi sendiri bertujuan untuk bisa menciptakan lingkungan belajar yang memungkinkan setiap siswa meraih potensi diri masing-masing dengan maksimal. Seperti halnya mampu memberikan akomodasi kebutuhan individu siswa, menangkap pemahaman konsep, meningkatkan motivasi belajar siswa, mengurangi kesenjangan pembelajaran, hingga mendorong pemecahan masalah.

Lalu bagaimana ya ciri pembelajaran diferensiasi itu? Ciri Pembelajaran berdiferensiasi bisa dilihat dari lingkungan belajarnya, di mana lingkungan belajar yang ada dapat mengundang siswa untuk tertarik belajar. Kemudian dari segi tujuan kurikulum yang di definisikan secara jelas dengan penilaian berkelanjutan. Serta peran aktif guru untuk mampu menanggapi dan merespon kebutuhan belajar siswa, hingga mewujudkan manajemen kelas yang efektif.

Untuk bisa mendapatkan hal itu sebetulnya ada 3 strategi berdifirensiasi, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, serta diferensiasi produk. Di mana faktor pembeda yang ada diterapkan sesuai unsurnya. Nah salah satu bentuk penerapan pembelajaran berdifirensiasi ada dengan Teaching at The Right Level (TaRL) yaitu suatu pendekatan yang mampu memastikan bahwa siswa memperoleh pembelajaran yang sesuai dengan tingkat kemampuan mereka. Berfokus pada pengajaran yang berbasis kemampuan, di mana guru mengidentifikasi tingkat kemampuan siswa dan mengajar pada tingkat tersebut.

Pada kegiatan PPL I dalam runtutan tahap kuliah PPG, saya memiliki kesempatan untuk mengamati penerapan pembelajaran berdiferensiasi dan Teaching at The Right Level (TaRL) pada pembelajaran di salah satu SMP Swasta di Semarang, di mana di sekolah ini telah diterapkan pembagian kelas untuk siswa sesuai dengan kemampuan dan minat belajarnya. Lalu penelitian lebih lanjut saya lakukan pada pembelajaran matematika yang dibawakan seorang guru di sekolah tersebut. 

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun