Oleh: Dikke Puspita Sari
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah:
1. Peserta didik kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran
2. Peserta didik kurang fokus pada kegiatan pembelajaran (misalnya sering mengantuk bahkan tidur, dan melakukan aktivitas lain)
3. Kemampuan peserta didik dalam menganalisis materi pembelajaran masih rendah
4. Fasilitas belajar khususnya berbasis teknologi di sekolah jumlahnya terbatas
5. Guru belum maksimal dalam mengeksplor dan menggunakan pembelajaran yang variatif
Praktik ini penting untuk dibagikan karena permasalahan yang terjadi dan saya alami di lingkup kelas atau sekolah saya mungkin juga terjadi kepada Bapak/Ibu guru lain luar sana. Oleh karena itu, harapan saya selain ini menjadi motivasi dan solusi untuk saya pribadi, juga ingin membagikan praktik baik ini agar bisa dijadikan motivasi juga referensi bagi rekan-rekan guru yang mengalami hal sama. Sehingga memberikan dampak positif atau perubahan-perubahan/inovasi pada kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan ke depannya.