Dalam proses pembelajaran, ketika mengajar kita tidak bisa melihat semua anak sama. Pelajar bukan kelompok, melainkan individu karena mereka punya minat, kemampuan, dan cara belajar yang berbeda-beda. Pengalaman mengajar di beberapa sekolah membuat saya memiliki banyak cara pandang mengenai proses belajar sampai mengenali profil pelajar. Ada dua aspek yang bisa dilakukan dalam kegiatan pembelajaran, yaitu menghargai proses dan mengapresiasi hasil (karya). Dua hal ini tidak bisa terlepas dari kata 'sukses'. Ada anak-anak dikelas saya yang memiliki cara belajar yang unik, mereka agak berisik karena mereka mempunyai kebutuhan mendengar lalu membicarakan apa yang mereka pelajari atau pikirkan. Saat kegiatan membaca, mereka read out loud, saat sedang berdiskusi, mereka think out loud. Saya memberi kesempatan kepada mereka untuk mengeluarkannya saja. Ada juga anak-anak yang lebih mudah memahami pelajaran jika segala sesuatu dituangkan menjadi gambar atau simbol (warna) dan lain sebagainya.
KEMBALI KE ARTIKEL