Perusahaan tidak hanya berhadapan dengan persaingan pasar yang kompetitif, namun juga berhadapan dengan keinginan dan kebutuhan konsumen yang selalu berubah dari waktu ke waktu. Pandemi Covid-19 merupakan salah satu faktor yang menyebabkan perubahan perilaku konsumen secara drastis bahkan tak diduga sebelumnya. Sebagai sebuah bisnis, perusahaan dituntut untuk beradaptasi oleh keadaan. Mau atau tidak mau, perusahaan harus mampu berinovasi menciptakan produk yang lebih relevan sehingga dapat menjawab kebutuhan konsumen dan “selamat” di masa ini. Menurut data penelitian dari Tras N Co (2021) terdapat lebih dari 300 brand yang telah melakukan inovasi dalam satu tahun terakhir yang semata mata bertujuan untuk memberikan solusi di tengah situasi pandemi Covid-19. Banyaknya pilihan serta informasi yang dapat diakses dan diterima tentang suatu produk menciptakan perilaku konsumen yang semakin
smart,
well informed dan
empowered (Munadi, 2001). Konsumen yang tidak puas dengan mudah dapat mencari produk penganti dan berpindah ke kompetitor dengan harga yang lebih murah. Dengan menyadari hal ini, sebuah perusahaan dituntut untuk mampu mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif sehingga dapat semakin jeli untuk melihat peluang-peluang yang ada didalam pasar dan segera memanfaatkannya.
KEMBALI KE ARTIKEL