Mengubah Wajah Pelayanan Publik: Inovasi Terkini yang Membawa Perubahan Nyata
13 November 2023 01:34Diperbarui: 13 November 2023 06:552041
Oleh Dhiya Fahriyyah Maritza
Jakarta, Indonesia –  Membangun masyarakat yang maju membutuhkan pelayanan publik yang baik. Pelayanan publik di Indonesia telah berubah sebagai akibat dari tuntutan masyarakat akan pelayanan yang lebih baik dan lebih cepat. Inovasi-inovasi ini telah membuat perbedaan nyata dalam meningkatkan efisiensi, transparansi, dan aksesibilitas layanan publik dengan menggabungkan teknologi modern dengan kebutuhan masyarakat. Terlampir dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 91 Tahun 2021 tentang Pembinaan Inovasi Pelayanan Publik, dalam  peraturan Menteri pasal 1 dimaksudkan setiap kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah, serta badan usaha milik negara dan daerah yang bertanggung jawab atas pelayanan publik, dianggap sebagai penyelenggara inovasi. Penulis akan membahas beberapa inovasi terbaru yang telah mengubah cara pemerintah Indonesia dalam memberikan layanan kepada masyarakat.Â
Jixie mencari berita yang dekat dengan preferensi dan pilihan Anda. Kumpulan berita tersebut disajikan sebagai berita pilihan yang lebih sesuai dengan minat Anda.
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Akun Terverifikasi
Diberikan kepada Kompasianer aktif dan konsisten dalam membuat konten dan berinteraksi secara positif.