Bagian dari proses pendidikan adalah adanya sistem persekolahan yang ada di Indonesia, dan sekolah sebagai lembaga pendidikan memegang peranan penting dalam mencapai tujuannya. Pendidikan untuk memaksimalkan potensi yang ada pada setiap siswa. Mungkin ada pembaharuan pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan atau meningkatkan kualitas lulusan yang baik dan mampu bersaing di tingkat internasional. Pendidikan yang berkualitas hanya mungkin terjadi jika didukung oleh pembelajaran yang berkualitas. Oleh karena itu, berbagai upaya terus dilakukan untuk memastikan bahwa proses pengajaran dilakukan dengan tepat dan optimal sehingga siswa dapat belajar dengan antusias dan memahami apa yang diajarkan. Kegiatan belajar merupakan kegiatan terpenting dalam proses pendidikan  sekolah, dan berhasil  tidaknya tercapainya tujuan pendidikan tergantung pada bagaimana siswa sekolah tersebut mengalami proses belajar, kecuali proses belajar  di  dalam kelas. Salah satu faktor yang mempengaruhi proses pendidikan dan pembelajaran adalah penguatan sarana dan prasarana  sekolah. Peraturan Pemerintah tahun 2005 (Nomor 19) menyatakan bahwa standar nasional pendidikan adalah standar minimum sistem pendidikan di semua wilayah hukum negara bagian Republik Indonesia. Ada delapan  standar nasional pendidikan, yaitu standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pendanaan, dan standar evaluasi pendidikan.Â
KEMBALI KE ARTIKEL