Sudah menjadi rahasia umum jika wilayah 3T Indonesia seolah menjadi kawasan yang sarat akan problematika pembangunan, termasuk pembangunan di bidang pendidikan. Ketersediaan sarana prasana menjadi masalah klasik yang selalu membelenggu dalam upaya pembentukan generasi unggul di daerah 3T. Provinsi Nusa Tenggara Timur meruapakan salah satu provinsi yang memiliki beberapa titik dengan status daerah terdepan, terpencil dan terluar Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Muhammad, Hafidzah, dan Setyaningrum (2020) diperoleh data bahwa indeks pendidikan rata-rata Provinsi NTT senilai 0.66 dan masuk dalam klasifikasi sedang, sedangkan secara nasional rerata Indeks Pendidikan Indonesia 0.71. Hal ini menunjukkan indeks pendidikan NTT masih dibawah rerata nasional, oleh karena itu perlu adanya upaya-upaya dalam meningkatkan tingkat pendidikan di NTT. Mengingat pendidikan merupakan investasi masa depan yang paling menjanjikan.
KEMBALI KE ARTIKEL