Dalam pelaksanaan kerjanya, seorang PR menggunakan konsep manajemen untuk mempermudah dalam pelaksanaan tugas-tugas mereka, Proses seorang PR sepenuhnya mengacu pada pendekatan manajerialManajemen dapat dirumuskan sebagai suatu proses dari kelompok orang atau organisasi secara koordinatif, memimpin kegiatan-kegiatan tertentu untuk mencapai tujuan bersama. MPR adalah proses di dalam suatu organisasi secara koordinatif, yang dipimpin oleh seorang PR dalam kegiatan- kegiatan tertentu untuk mencapai tujuan bersama.
BI memiliki prinsip pengelolaan komunikasi satu pintu, biro humas mengkoordinasi seluruh pelaksanaan komunikasi dengan stakeholder internal maupun eksternal dengan tujuan konsistensi pesan, dan mencegah terjadinya redundancy (pengurangan, penambahan/melebih-lebihkan sebuah informasi).
Setiap orang di BI adalah Public Relation Person, termasuk para karyawan yang juga mewakili citra Bl dan diri sendiri dengan berperilaku baik, menerapkan 5S (senyum, salam, sapa, sopan, santun). Aktivitas program/channel komunikasi insidentiil memiliki prinsip dikelola secara kasuistis dan quick response. BI juga memiliki prinsip dan acuan pelaksanaan program komunikasi, diantaranya: mengutamakan bahasa yang mudah dipahami publik, konsisten melaksanakan program komunikasi yang direncanakan secara berkesinambungan.