Pikiran ku sejenak tertegun ketika melihat sang pakar pemasaran itu berbicara, sebuah kisah yang membuka mataku yang selama ini tertutup. Sang pakar itu bercerita indah tentang suatu ilmu yang sudah cukup lama saya pelajari di bangku kuliah.
Pikiranku sejenak menerawang mengingat masa-masa kuliah di suatu universitas daerah depok. Disanalah awal mula saya mengenal marketing dengan istilah 4P nya yang terkenal. Marketing mix mereka menyebutnya merupakan hasil dari proses sebelumnya yaitu analisa kebutuhan pasar. Ya, marketing selalu dimulai dengan adanya kebutuhan di pasar terhadap suatu produk atau jasa. Setiap manusia pasti memiliki need yang berbeda dan dari disinilah dimulai proses narrowing downkebutuhan dengan memasukkan proses segmentasi dan targetting.
Sang pakar terus bercerita gamblang tentang need, suatu penjelasan yang sangat ringan tetapi mengandung arti dalam apabila kita mau berpikir kritis dan menganalisa. Sang pakar itu tidak lain adalah Allah SWT yang bercerita tentang kebutuhan dasar manusia di dalam surat Ali Imran ayat 14 :
"Dijadikan kepada manusia kecintaan terhadap wanita, anak-anak, harta benda berupa emas, perak dan binatang ternak...."
Melalui surat itu, sang Pakar memberikan suatu ilmu pemasaran berupa "apa saja sih kebutuhan dasar manusia". Dengan jelas kita dapat mengetahui bahwa kebutuhan dasar manusia terbagi dalam tiga point besar yaitu :
- Wanita