Mohon tunggu...
KOMENTAR
Money

Hadapi Tahun Macan Air 2022, Ini Strategi Yang Perlu Disiapkan UMKM

3 Desember 2021   20:27 Diperbarui: 4 Desember 2021   06:31 335 0
Setelah 2 tahun menghadapi masa gelap akibat pandemic Covid-19, memasuki tahun 2022 diharapkan menjadi tahun keemasan bagi pelaku bisnis, termasuk UMKM. Namun untuk menangkap peluang di tahun depan, dibutuhkan kesiapan dari pelaku UMKMnya sendiri. Satu diantaranya bisnis yang dijalankannya telah go digital.

Dari hasil survey World Bank (2021) pun disebutkan UMKM yang terhubung ke dalam ekosistem digital pada masa pandemic Covid-19 justru memiliki daya tahan yang lebih baik dalam menghadapi tantangan saat ini.

Hal ini diungkapkan Staf ahli ekonomi makro Kementrian Koperasi dan UKM, Rully Nuryanto, SE, MSi  pada saat  mewakilkan Menteri Teten Masduki membuka Webinar bertajuk UMKM Berdaya: 'Peluang dan Strategi Kebangkitan UMKM 2022' yang digelar oleh Gerakan #akuberdaya bekerjasama dengan Evapora, event digital organizer,  Rabu, 1 Desember 2021.

"80% UMKM  menjadikan momentum pandemic covid-19 dan pemicu untuk melakukan perubahan perilaku ke arah digital," kata Rully.

Rully mengapresiasi dengan jumlah UMKM yang saat ini mencapai sekitar 65 juta unit dan memberikan kontribusi 97 % terhadap total tenaga kerja dan 61 %PDB nasional, maka UMKM  memiliki peran yang penting dalam pemulihan ekonomi nasional.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun