Mohon tunggu...
KOMENTAR
Pendidikan

Best Practices PPG Daljab Kategori 2 2022_Rencana Tindak Lanjut_Kemampuan Menulis Permulaan Anak Usia Dini

9 Desember 2022   12:45 Diperbarui: 10 Desember 2022   09:38 281 1
Situasi: 

  • Latar Belakang :
  • Setelah di analisis beberapa penyebab dari permasalahan ini yaitu :
    • Media yang digunakan guru masih terbatas. Seperti balok huruf dan kartu huruf yang jumlahnya masih sedikit. Media yang digunakan belum mengandung unsur multisensori seperti menelusuri huruf yang timbul dan menulis angka di pasir / tepung; Guru cenderung lebih sering dalam penggunaan LKA dengan kegiatan menulis, menebalkan garis atau tulisan, menarik garis, menggambar dan mewarnai; Guru kurang memiliki kreatifitas secara mandiri  dalam pembuatan media untuk pembelajaran; Alat dan bahan yang disiapkan guru dalam pembelajaran hanya papan tulis, spidol, buku, pensil, crayon.
    • Guru kurang menerapkan metode - metode yang menyenangkan bagi anak misal dengan metode bermain, dan lain-lain. Guru masih sering menggunakan metode pemberian tugas.  Sehingga  peserta didik kurang tertarik untuk menyelesaikan kegiatan menulis permulaan; Guru terlalu sering memberikan contoh kepada anak setiap akan menulis, tidak jarang juga guru mendikte anak dalam menulis huruf; Guru kurang memahami tahapan - tahapan dalam menulis permulaan dan belum menerapkan pada anak, sehingga kurang ada repetisi tentang pengenalan huruf.
    • Kemampuan motorik halus anak  belum terasah dengan baik untuk bekal menulis permulaan. Sehingga anak cenderung bosan jika di minta memegang pensil untuk menulis.
    • Dari pemaparan kajian literatur dan analisis penyebab dari permasalahan ini guru perlu meningkatkan kemampuan menulis permulaan  peserta didik kelompok A ( 4-5 tahun) dalam menulis huruf vokal (a,i,u,e,o).
  • Praktik ini perlu dibagikan karena untuk refleksi dan memotivasi terutama untuk diri saya sendiri agar dapat melaksanakan pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan pada pembelajaran selanjutnya, serta dapat menjadi bahan referensi bagi teman sejawat atau rekan pendidik lain yang mengalami permasalahan yang sama sehingga pendidik dapat lebih bisa menggali potensi diri untuk menyajikan pembelajaran yang bermakna bagi peserta didik. Pembelajaran yang telah dilaksanakan dengan menggunakan media yang bervariasi, metode pembelajaran yang tidak monoton, dan pemanfaatan TPACK yang mendukung pengetahuan anak terbukti dapat meningkatkan   kemampuan menulis permulaaan pada peserta didik.
  • Peran saya sebagai guru bertanggungjawab untuk melaksanakan pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik. Tentunya dalam hal ini saya sebagai guru harus menyiapkan media yang menarik, model pembelajaran yang menyenangkan, metode pembelajaran yang efektif, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal.
KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun