Mohon tunggu...
KOMENTAR
Ilmu Sosbud

Mengoptimalkan Kinerja Usaha Warung Kaki Lima dengan Sistem Pengendalian Manajemen (SPM)

29 Juni 2023   05:55 Diperbarui: 29 Juni 2023   05:57 249 0

MENGOPTIMALKAN KINERJA USAHA WARUNG KAKI LIMA DENGAN SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN (SPM)


Dalam mengelola warung kaki lima penting bagi saya sebagai pemilik untuk memiliki sistem pengendalian manajemen (SPM) yang efektif. SPM adalah rangkaian proses dan alat yang saya rancang untuk membantu saya dalam merencanakan, mengukur, mengawasi, dan mengontrol kinerja organisasi saya. Dalam konteks warung kaki lima, SPM bertujuan untuk mengoptimalkan penjualan, persediaan, dan efisiensi operasional secara keseluruhan. Artikel ini akan menjelaskan konsep SPM dan memberikan beberapa langkah praktis yang dapat saya terapkan dalam mengelola bisnis toko sembako saya.
Langkah-langkah untuk mengoptimalkan sebuah warung kaki lima dengan menggunakan sistem pengendalian manajemen (SPM), diantaranya sebagai berikut:
Pertama adalah Dengan menentukan tujuan yang jelas dan spesifik, hal ini bertujuan untuk :

  • Meningkatkan pendapatan yang diukur dengan peningkatan pendapatan harian, mingguan, atau bulanan. Misalnya, meningkatkan penjualan sebesar 10% dalam 3 bulan pertama,
  • Meningkatkan jumlah pelanggan dengan tujuan dapat mencakup peringkat jumlah pelanggan harian, perolehan pelanggan baru,atau retensi pelanggan, ketiga Meningkatkan kepuasan pelanggan.
  • Dengan meningkatkan kepuasan pelanggan dengan memberikan pengalaman yang baik kepada pelanggan 
  • Meningkatkan Efisiensi Operasional dengan Berfokus pada pengurangan pemborosan atau peningkatan produktivitas. Misalnya, mengurangi waktu persiapan makanan atau memperbaiki aliran kerja di dapur.
  • Meningkatkan Kualitas Produk dengan Berusaha menyajikan makanan dan minuman berkualitas tinggi. Tujuan ini dapat diukur melalui umpan balik pelanggan atau peningkatan rating produk.
  • Mengembangkan Kemitraan dengan Pemasok dengan Membangun hubungan yang baik dengan pemasok untuk memastikan pasokan bahan baku yang berkualitas dan harga yang kompetitif.
  • Meningkatkan Brand Awareness yaitu denagn Memperluas kehadiran warung kaki lima anda  melalui pemasaran dan promosi yang efektif. Tujuan ini dapat diukur dengan peningkatan jumlah pengikut di media sosial, tingkat interaksi, atau lalu lintas ke situs web Anda.
KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun