Pembelajaran di awali dengan presentasi dari kelompok 1 yang menjelaskan materi tentang berita. Kemudian para pemateri memaparkan materi masing-masing. Selanjutnya yaitu sesi diskusi, beberapa mahasiswa mengajukan pertanyaan kepada para pemateri.
Setelah presentasi dan sesi diskusi selesai, Miss Dessy memberikan materi. Setelah itu, Miss Dessy meminta para mahasiswa untuk maju ke depan satu-satu menuliskan jenis-jenis berita di papan tulis.
Selain itu, Miss Dessy memberikan pertanyaan kepada mahasiswa terkait contoh berita. Kemudian para mahasiswa di minta untuk menjawab, termasuk jenis berita apa pada contoh berita tersebut.
Para mahasiswa yang ada di dalam kelas, begitu semangat dan terlihat aktif pada saat bertanya, berdiskusi dan menjawab pertanyaan. Meskipun ada beberapa jawaban yang kurang tepat dan keliru, tetapi setelah itu, Miss Dessy menjelaskan serta membahasnya. Metode pembelajaran seperti ini sangat menarik, tidak membosankan atau monoton serta dapat menumbuhkan semangat dan keaktifan kepada para mahasiswa.
Ada sebuah pendapat dari salah satu mahasiswa di kelas KPI 4A tentang keaktifan serta semangat dalam pembelajaran yang dilakukan. "Keaktifan dan semangat mahasiswa pada pembelajaran tpbf sudah sangat bagus. Kami sebagai mahasiswa merasa senang dengan adanya pembelajaran ini, karena selain dosennya menjelaskan, kita juga diminta untuk memberikan pendapat dan pengetahuan yang kita punya mengenai materi yang akan dipelajari. Menjadi suatu hal yang unik bagi kami mahasiswa untuk melakukan pembelajaran ini" ujar Khoirun Nisa.