6 Juni 2024 17:12Diperbarui: 6 Juni 2024 17:171271
Definisi Model Pembelajaran Pencapaian Konsep
Secara umum, "model" adalah kerangka konseptual yang berfungsi sebagai peta jalan untuk melaksanakan suatu tugas. Dengan kata lain, "model" dicirikan sebagai tiruan atau penggambaran benda sebenarnya, seperti bola dunia yang merupakan model Bumi. Model pembelajaran digambarkan sebagai kerangka konseptual kegiatan pembelajaran karena belajar bukanlah sesuatu yang bersifat fisik.
Model pembelajaran adalah suatu struktur konseptual yang menggambarkan prosedur-prosedur metodis dalam menyiapkan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu, menurut Winataputra (dalam M. Imamuddin). Ini berfungsi sebagai peta jalan bagi para pendidik dan perancang pembelajaran ketika mereka mengatur dan melaksanakan kegiatan pembelajaran. Dengan kata lain, model pembelajaran menawarkan kerangka sistematis untuk mengarahkan proses pembelajaran dan menghasilkan hasil yang diharapkan.[1].
Â
Pada dasarnya, model pembelajaran adalah suatu bentuk pembelajaran yang diuraikan dari awal hingga akhir dan disajikan secara unik oleh guru. Dengan kata lain, model pembelajaran adalah panduan atau kerangka kerja untuk melaksanakan suatu cara, metode, dan teknik pembelajaran.
Â
Syaiful Sagala juga menyatakan bahwa model pembelajaran adalah kerangka konseptual yang menjelaskan prosedur sistematis dalam mengatur kesempatan belajar bagi siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Guru dan perancang pembelajaran dapat menggunakan model ini sebagai acuan ketika mengatur dan melaksanakan desain pembelajaran[2].
Â
Salah satu cara untuk menilai efektivitas pembelajaran guru adalah dengan melihat seberapa kreatif siswa dalam memperoleh materi baru. Oleh karena itu, pemilihan model pembelajaran yang tepat sangat penting untuk mendukung guru dalam mengajar.
Â
Topik Model Pembelajaran Prestasi merupakan salah satu teknik pembelajaran yang bertujuan untuk membantu siswa dalam memahami suatu mata pelajaran tertentu. Model ini awalnya dikembangkan oleh Joyce dan Weil dengan tujuan untuk mendorong analisis dan pengembangan konseptual bersama dengan pemikiran induktif. Hal ini berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan Jerome Bruner dan kawan-kawan. Model Pencapaian Konsep, secara teori, adalah metode pendidikan yang menginstruksikan siswa tentang konsep melalui penggunaan data. Dalam metodologi ini, siswa diminta mengamati data setelah guru memberikan contoh atau data kepada mereka. Siswa akan membuat abstraksi berdasarkan penemuan ini..
Â
Dalam model ini, aktivitas dan interaksi siswa dikendalikan oleh guru. Kegiatan pengendalian dapat dilakukan dalam bentuk dialog bebas. Penyelenggaraan kegiatan bertujuan untuk mendorong siswa lebih menunjukkan inisiatif dalam melakukan proses induksi dan sekaligus meningkatkan pengalamannya dengan berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran.
Â
Model Pembelajaran Pencapaian Konsep merupakan salah satu jenis model pembelajaran pengolahan informasi, di mana model ini lebih menekankan pada proses atau pengolahan informasi untuk meningkatkan keterampilan siswa selama proses pembelajaran. Menurut Eggen dan Kauchak, Model Pencapaian Konsep dirancang untuk membantu siswa dari berbagai usia mengembangkan dan memperkuat pemahaman konseptual serta melatih keterampilan berpikir kritis. Dalam model ini, siswa menemukan konsep melalui contoh-contoh yang menonjolkan karakteristik konsep tersebut, bukan diajarkan cara merumuskannya[3].
Jixie mencari berita yang dekat dengan preferensi dan pilihan Anda. Kumpulan berita tersebut disajikan sebagai berita pilihan yang lebih sesuai dengan minat Anda.